REMAJA DAN TREND MUSIK - Karya Guru MTs N Wonosobo

6:46 PM
REMAJA DAN TREND MUSIK

Masa remaja adalah masa transisi yang membawa individu dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Masa transisi akan memberikan masa yang lebih panjang untuk mengembangkan berbagai keterampilan serta untuk mempersiapkan masa depan. Pada masa remaja terjadi perubahan baik secara fisik maupun psikis. Dalam menghadapi perubahan-perubahan tersebut, kebanyakan remaja bersikap ambivalen. Di satu sisi mereka menginginkan kebebasan, tetapi di sisi lain mereka takut akan tanggung jawab yang menyertai kebebasan tersebut. Pada masa remaja juga terjadi perubahan pada minat terhadap musik, dimana minat remaja terhadap musik semakin tinggi.

Musik merupakan bagian penting dari kebudayaan remaja, karena remaja tertarik oleh berbagai macam emosi yang diekspresikan dalam lagu-lagu yang populer. Musik bagi kalangan remaja pada saat ini sangat tidak asing lagi didengar. Banyak sekali aliran musik yang beragam dan sering berubah sesuai dengan aliran musik yang sedang populer. Mulai dari musik POP, DANGDUT, ROCK, METAL, REPPER, dll. Upaya remaja sekarang lebih mengikuti musik yang sedang populer karena musiknya yang menarik sehingga anak remaja pun menyukainya dan tertarik untuk mengenal aliran musik itu sendiri.

Musik dengan berbagai aliran memiliki dua dampak bagi remaja, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif musik bagi remaja diantaranya :

1. Menghibur diri sendiri
2. Menghilangkan stress dan kejenuhan
3. Membuat kreatif (adanya keinginan untuk dapat bermain musik dan membuat Band)
4. Menambah pengetahuan dalam bidang musik

Dampak negatif musik bagi remaja, yaitu:

1. Menjadi malas
2. Merusak pendengaran (karena terlalu sering)
3. Lupa waktu dan lupa diri

Disamping itu juga sering terjadi polemik tentang musik terhadap penyimpangan pada remaja. Kenapa remaja? Karena remaja menjadi sasaran utama dalam perilaku-perilaku menyimpang. Sebagai contoh, ketika konser musik terjadi penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan perilaku menyimpang lainnya yang banyak dilakukan oleh remaja.

SITIN SOIFAH, S. Pd
Sebagai remaja, dengan adanya berbagai macam aliran musik, seharusnya dapat memilah dan menyaring perkembangan musik saat ini. Jangan menganggap semua aliran musik yang berkembang saat ini semuanya baik untuk dirinya. Apalagi dengan adanya beberapa aliran musik yang sangat bertentangan dengan syariat Islam. Faktanya banyak anak remaja yang terjerumus karena melakukan pemujaan berlebih terhadap aliran musik yang disukainya dengan berbagai perbuatan yang menyimpang mulai dari cara berpakaian, etika dan perbuatan menyimpang lainnya yang bisa membahayakan dirinya dan orang lain.

Menyukai musik sama seperti menyukai makanan. Makanan yang sehat dengan porsi yang tepat bisa bermanfaat buat remaja. Sebaliknya bila mengkonsumsi musik secara berlebih banyak menghabiskan waktu, tenaga dan biaya, maka akan merugikan remaja. Kesimpulannya, menyukai sesuatu jangan berlebih, agar kita bisa mengontrol diri kita agar tidak melakukan perbuatan yang melanggar norma-norma, baik norma agama maupun norma sosial. Remaja jangan mudah terpengaruh dan terlibat dalam perbuatan yang mengarah pada tingkah laku beresiko yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Menjadi anak gaul tidaklah harus selalu mengikuti trend, lebih tepat bila gaul dalam arti bisa membedakan mana trend yang positif dan mana trend yang negatif, sehingga bisa memilih trend yang sesuai untuk diri sendiri,  bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan masa depannya, bukan hanya sekedar kesenangan yang sesaat. Jadi anak gaul boleh, akhlak tetap terjaga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »