Apa saja Larangan Penggunaan Dana BOS - Info terbaru

10:09 PM Add Comment
Kenapa penggunaan Dana BOS ada istilah dilarang.  Disini kami Admin akan menjabarkan larangan apa saja yang tidak boleh digunakan dalam sebuah Instansi Sekolah atau Madrasah. Langsung saja anda perhatikan beberapa Larangan Penggunaan Dana Bos. Ada 15 larangan penggunaan Dana BOS 2016 / 2017 perlu kita ketahui bersama serta dicermati oleh para pengelola dana BOS yang mungkin terabaikan sehingga disini kita untuk saling mengingatkan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, BOS adalah Program Pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar dalam artian untuk mensukseskan wajib belajar 9 tahun dan sasaran dana bos adalah jenjang SD, SMP, SMA Dan SMK.
Adapun pada posting kali ini, ada 4 pembahasan yang akan kami admin postingkan yaitu:
  1. Apa itu Dana BOS?
  2. 13 Komponen Penggunaan Dana BOS, sesuai yang dilaporkan online oleh sekolah di web kemdikbud ( pelajari lebih lanjut tentang Cara lapor BOS kemdikbud 2016 / 2017
  3. 15 Larangan Penggunaan Dana BOS Tahun 2016 / 2017

Apa saja Larangan Penggunaan Dana BOS - Info terbaru

1. Apa Itu Dana BOS?

Apa saja Larangan Penggunaan Dana BOS - Info terbaru
Penjelasan singkat pengertian Dana BOS bisa anda lihat pada penampakkan gambar diatas
2. Ini 13 Komponen Penggunaan Dana BOS Sesuai Juknis


Apa saja Larangan Penggunaan Dana BOS - Info terbaru

  1. Pengembangan Perpustakaan 
  2. Kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru
  3. Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler siswa
  4. Kegiatan Ulangan dan Ujian
  5. Pembelian bahan-bahan habis pakai
  6. Langganan daya dan jasa
  7. Perawatan sekolah
  8. Pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer
  9. Pengembangan profesi guru
  10. Membantu siswa miskin
  11. Pembiayaan pengelolaan BOS
  12. Pembelian perangkat komputer
  13. Biaya lainnya jika seluruh komponen 1 s.d 12 telah terpenuhi pendanaannya dari BOS.
3. Larangan Penggunaan Dana BOS 2016 / 2017


Apa saja Larangan Penggunaan Dana BOS - Info terbaru
Berikut rincian lengkap larangan penggunaan dana bos yang perlu diketahui pihak sekolah dan masyarakat, bisa terjaid pelanggaran anda bisa melaporkannya.
  1. Disimpan dalam jangka waktu yang lama dengan maskud dibungakan
  2. Dipinjamkan kepada pihak lain
  3. Membeli software atau perangkat lunak untuk pelaporan bos
  4. Membiayai Kegiatan bukan priorotas sekolah, misalnya studi banding, tur studi, karya wisata dan sejenisnya
  5. Membayar iuran yang diselenggarakan oleh UPTD, kecuali untuk menanggung biaya peserta didik-guru yang ikut serta dalam kegiatan
  6. Membiayai bonus dan transportasi rutin untuk guru
  7. Membeli pakaian /seragam/sepatu bagi guru dan peserta didik untuk kepentingan pribadi bukan inventaris sekolah
  8. Digunakan untuk rehabilitasi sedang dan berat
  9. Membangun gedung ruangan baru
  10. Membeli lembar kerja siswa (LKS) dan bahan dan peralatan yang tidak mendukung proses pembelajaran
  11. Menanamkan saham
  12. Membiayai kegiatan yang telah dibiayai dari sumber dana pemerintah pusat atau pemerintah daerah secara penuh/wajar
  13. Membiayai kegiatan operasi penunjang yang tidak ada kaitannya dengan operasi satuan pendidikan, misalnya membiayai upacara keagamaan , acara keagamaan dan iuran dalam rangka peringatan upacara hari besar nasional
  14. Membiayai kegiatan dalam rangka mengikuti pelatihan/sosialisasi/ pendampingan terkait program BOS/Perpajakan program BOS yang diselenggarakan diluar SKPD Provinsi/Kabupaten/kota dan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  15. Membayar Honorarium kepada guru dan tenaga kependidikan atas tugas /kegiatan yang sudah merupakan tupoksi yang telah diatur dalam peraturan perundangan yang berlaku termasuk pembayaran honorarium bagi panitia untuk kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi tupoksi satuan pendidikan/guru.
Demikian tentang Larangan Dalam Penggunaan Dana BOS 2016 / 2017 Yang Perlu diketahui bersama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua khususnya para pembaca. Terimakasih.

Contoh Peraturan dan Tata Tertib Perpustakaan

12:54 AM Add Comment
I. JAM BUKA

  1. Senin s/d Kamis dan Sabtu : Pk. 07.00 – 13.30 WIB
  2. Jumat : Pk. 07.00 – 11.00 WIB

II. KEANGGOTAAN

  1. Yang dapat menjadi anggota adalah: Seluruh Siswa MTs N Wonosobo
  2. Kepala Madrasah, Guru dan Karyawan MTs N Wonosobo

Baca juga: CONTOH PROPOSAL PENGADAAN BAHAN PUSTAKA MTs NEGERI WONOSOBO 2016/2017

III. SYARAT-SYARAT MENJADI ANGGOTA

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  2. Mengganti Cetak Kartu dan Buku Anggota Peminjaman
  3. Menyerahkan foto 2X3 2 (dua) lembar.

Contoh Peraturan dan Tata Tertib Perpustakaan

IV. SYARAT-SYARAT PEMINJAMAN

  1. Peminjam menunjukkan kartu anggotanya.
  2. Setiap anggota dapat meminjam sebanyak 1 (satu) buku Bacaan/Majalah dan 6 (lima) buku Mata Pelajaran
  3. Lama Waktu peminjaman 1 (satu) minggu untuk peminjaman Buku Bacaan 1 (satu) Bulan untuk peminjaman Buku Mapel dan dapat diperpanjang 1 masa pinjam, apabila buku /majalah yang dipinjam tidak dipesan orang lain.

Bacajuga: Surat bebas Pinjaman Buku Perpustakaan MTs N Wonosobo

V. KOLEKSI  BUKU YANG DAPAT DIPINJAM DAN BAWA PULANG

  1. Buku Mapel yang dipinjam dengan buku peminjaman
  2. Kliping, Kumpulan Soal-soal Ujian
  3. Majalah dan Buku Bacaan Fiksi/Non Fiksi

VI. KOLEKSI BUKU YANG TIDAK DAPAT DIPINJAM DAN BAWA PULANG

  1. Bahan-bahan referens (Ensiklopedi, kamus, dll).
  2. Buku-buku cadangan (on reserved books) yang berada di ruang referensi    hanya boleh dibaca di tempat.
  3. Buku Mapel yang dipinjam untuk sementara, waktu peminjaman hanya dari Pk: 07.00 sampai   13.30. Apabila peminjam terlambat mengambalikan buku, maka akan dikenakan Denda.

Silahkan anda lihat Disini

CONTOH ALOKASI WAKTU MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 DAN 2

12:50 AM Add Comment
CONTOH ALOKASI WAKTU MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 DAN 2

Kalender Pendidikan atau sering disingkat kaldik adalah instrumen yang sangat penting dalam pengadministrasian sekolah. Berdasarkan kaldik inilah kepala sekolah dan guru membuat berbagai macam program dan perencanaan kerja.

Misal dalam pembuatan program tahunan, program semester, program jangkan panjang, program jangkan menengah dan program jangan pendek dalam pengaturan waktu harus mengacu pada kaldik yang sudah ditetapkan. Jika tidak melihat kaldik dalam pembuatan program dan perencanaan bisa saja meletakkan sebuah perencanaan pada hari atau tanggal yang seharusnya libur.

Nah tentu masih ada yang bingung cara menghitung jumlah minggu efektif. Sebagai contoh kalender bulan Juli 2016, tanggal 1 jatuh pada hari Jumat maka hari efektif hanya hari Jum’at dan Sabtu maka tidak dihitung minggu efektif karena hanya 2 hari. Mulai dihitung dari hari Senin tanggal 4 sampai Sabtu tanggal 9 masuk minggu pertama, kemudian hari Senin tanggal 11 sampai Sabtu tanggal 16 masuk minggu kedua, lalu hari Senin tanggal 18 sampai Sabtu tanggal 23 masuk minggu ketiga, dan hari Senin tanggal 25 sampai Sabtu tanggal 30 masuk minggu keempat. Jika masih binggung bisa anda Download saja.

Source:

1. Alokasi Waktu Minggu Efektif

  • minggu efektif sd
  • minggu efektif sd 2016
  • minggu efektif smp 2016
  • minggu efektif 2016
  • minggu efektif semester ganjil 2016
  • minggu efektif smp
  • minggu efektif adalah
  • minggu efektif tahun 2016
  • minggu efektif dan minggu tidak efektif
  • minggu efektif mts 2016
  • minggu efektif 2017
  • minggu efektif smk 2016
  • minggu efektif smp kelas 7
  • minggu efektif tahun pelajaran 2016
  • minggu efektif kalender pendidikan 2016
  • minggu efektif mi
  • minggu efektif kalender pendidikan 2015
  • minggu efektif sma 2015
  • minggu efektif sma 2016
  • minggu efektif semester genap 2016
  • pekan efektif adalah
  • minggu tidak efektif adalah
  • rincian minggu efektif adalah
  • minggu efektif fakultatif adalah

2. Analisis Minggu Efektif

  • analisis minggu efektif sd
  • analisis minggu efektif sma
  • analisis minggu efektif smp
  • arti minggu efektif
  • analisis minggu efektif 2013
  • analisis minggu efektif smk
  • alokasi minggu efektif
  • aplikasi minggu efektif
  • analisa minggu efektif
  • analisi minggu efektif
  • aturan minggu efektif
  • minggu efektif belajar
  • minggu efektif bahasa indonesia
  • minggu efektif bahasa indonesia smp
  • minggu efektif belajar sd
  • minggu efektif bahasa inggris smp
  • minggu efektif bahasa inggris
  • minggu efektif bahasa inggris smk
  • minggu efektif bahasa indonesia sma
  • minggu efektif bahasa indonesia kelas x
  • rincian minggu efektif bahasa inggris smp
  • rincian minggu efektif bahasa indonesia smp
  • pengertian minggu efektif belajar
  • rincian minggu efektif bahasa indonesia smp kelas 7
  • rincian minggu efektif bahasa inggris sma
  • contoh minggu efektif bahasa inggris
  • rincian minggu efektif bahasa indonesia
  • rincian minggu efektif bahasa indonesia sma
  • rincian minggu efektif bahasa inggris smk kelas x
  • rincian minggu efektif bahasa inggris smp 2013
  • rincian minggu efektif bahasa indonesia kelas 7

Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mapel PKn Kelas VII MTs / SLTP

11:33 PM Add Comment
STANDAR KOMPETENS I/ KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR  
PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Inti 1:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang  dianutnya

1.1    Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.

1.2   Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara

1.3    Menghargai perilaku sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar

Baca juga: KETUNTASAN BELAJAR MINIMUM (KKM) PADA KURIKULUM 2013 MTs N WONOSOBO

STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR  
PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mapel PKn Kelas VII MTs / SLTP

Kompetensi Inti 2:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

2.1   Menghargai sikap toleran thd keberagam an suku, agama, ras, budaya dan gender

2.2    Menghargai semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerang ka Negara Kesatuan Repub Iik Indonesia (NKRI)

2.3    Menumbuhkan kesaadaran berkonsitusi dan keterikatan terhadap Norma

Download juga: Program Tahunan (PROTA) Mapel PKn Kurtilas Terbaru

Untuk lebih jelasnya bisa Anda Download Disini

Program Tahunan (PROTA) Mapel PKn Kurtilas Terbaru

8:30 PM Add Comment

1. Pengertian Program Tahunan

Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian tersebut.
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan KD)yang telah ditetapkan.
penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa. penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa[1]
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas , berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan [2]
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedomkan bagi pengembangan program-program berikutnya[3]

2. Langkah Penyusunan Program tahunan

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah
a. Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dan struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah, analisis berapa minggu efektif dalam satu semester, seperti yang telah ditetapkandalam gambar alokasi waktu efektif
b. Melalaui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanan proses pembelajaran .
Sumber-sumber yang dapat dijadikan bahan pengembangan program tahunan antara lain :
Daftar Standard Kompetensi sebagai konsensus nasional yang dikembangkan dalam buku Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)setiap mata pelajaran yang akan dikembangkan
Skope dan Sekuensi setiap Kompetensi untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan materi pembelajaran, materi pembelajara tersebut disusun dalam pokok-pokok pembahasan yang mengandung ide-ide pokok yang sesuai kompetensi dan tujuan pembelajaran .Skope adalah ruanglingkupdan batasan-batasan keluasan setiap pokok dan sub pokok bahasan sedangkan Sekuesi adalah urutan logis daripokok dan sub pokok bahasan. Pengembangan skope dan skuensi ini bias dilakukan oleh masing – masing guru mata pelajaran, dan dapat dikembangkan dalam kelompok kerja guru ( KKG ) untuk setiap mata pelajaran.
Kalender pendidikan penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada efesiensi, efektifitas dan hak-hak peserta didik.

Untuk lebih jelasnya Program Tahunan (PROTA) Mapel PKn Kurtilas Terbaru, silahkan Anda kunjungi Google Drive kami Disini

KETUNTASAN BELAJAR MINIMUM (KKM) PADA KURIKULUM 2013 MTs N WONOSOBO

8:12 PM Add Comment
MTs N Wonosobo - Permendikbud nomor 53 tahun 2015, memiliki cara baru penilaian untuk kurikulum 2013 atau kurikulum nasional, dari jenjang SD,SMP, SMA dan SMK, Buku Panduan kami lampirkan pada unduhan.  Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pembelajaran  berbasis aktivitas yang bertujuan memfasilitasi siswa memperoleh sikap, pengetahuan, dan  keterampilan. Hal ini berimplikasi pada penilaian yang harus meliputi sikap, pengetahuan,dan keterampilan baik selama proses (formatif) maupun pada akhir periode pembeajaran (sumatif).
Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan penilaian:
Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian Kompetensi Dasar (KD) pada Kompetensi Inti (KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4).
Penilaian menggunakan acuan kriteria, yaitu penilaian yang dilakukan dengan membandingkan capaian siswa dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil penilaian baik yang formatif maupun sumatif seorang siswa tidak dibandingkan dengan  skor siswa lainnya namun dibandingkan dengan penguasaan kompetensi yang  dipersyaratkan. Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMP Dan SMA Dasar Permendikbud 53 Tahun 2015
Penilaian dilakukan secara terencana dan berkelanjutan. Artinya semua indikator diukur,  kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar (KD) yang telah  dikuasai dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan belajar siswa
Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut, berupa program peningkatan kualitas pembelajaran, program remedial bagi siswa yang pencapaian kompetensinya di bawah KBM/KKM, dan program pengayaan bagi siswa yang telah memenuhi  KBM/KKM. Hasil penilaian juga digunakan sebagai umpan balik bagi orang tua/wali siswa dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa.

Kriteria ketuntasan belajar minimal (KKM) Berdasarkan panduan materi Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013 untuk KI-3 dan  KI-4 adalah  B- (2.66) dengan demikian seorang peserta didik dinyatakan belum menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai < 2.66 dari hasil tes formatif. Sedangkan untuk KI-1 dan KI-2 untuk seluruh mata pelajaran, yakni jika profil sikap peserta didik secara umum  berada pada kategori baik atau B (3.00) menurut standar yang ditetapkan satuan pendidikan yang bersangkutan.
Untuk lebih memahaminya silahkan lihat table Ketuntasan belajar berikut ini:

KETUNTASAN BELAJAR MINIMUM (KKM) PADA KURIKULUM 2013 MTs N WONOSOBO


Berdasarkan tabel di atas, Pada KD untuk KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan belum menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai < 2.66 dari hasil tes formatif. Seorang peserta didik dinyatakan sudah tuntas belajar dengan  menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai ≥ 2.66 dari hasil tes formatif. Bagi peserta didik yang belum tuntas untuk kompetensi tertentu harus mengikuti pembelajaran remedial, sedangkan bagi yang sudah tuntas boleh mempelajari kompetensi berikutnya.
Untuk mengetahui apakah peserta didik sudah atau belum tuntas menguasai suatu kompetensi dapat melihat posisi nilai yang diperoleh berdasarkan tabel konversi nilai berikut.

KETUNTASAN BELAJAR MINIMUM (KKM) PADA KURIKULUM 2013 MTs N WONOSOBO


Apabila peserta didik memperoleh nilai antara 66 sd. 70, dia ada pada posisi predikat B- untuk kategori pengetahuan atau keterampilan. Artinya, peserta didik itu sudah mencapai ketuntasan dalam menguasai kompetensi tersebut.
Namun untuk KI-1 dan KI-2 peserta didik baru dinyatakan lulus apabila telah mencapai nilai antara 71-75 (skala 100) atau memiliki nilai 3.00 untuk skala 4 atau telah berada pada posisi B.
Dengan adanya ketentuan ini sesungguhnya untuk KI-3 dan KI-4, guru tidak usaha menghitung lagi KKM apabila nilai KKM-nya dipastikan di bawah nilai 66 sd 70 (skala 100) atau atau nilai di bawah (2.66) karena pemerintah sudah menetapkan KKM standar. Namun jika guru memprediksi atau akan menentukan KKM untuk KI-3 dan KI-4 di atas nilai tersebut tentunya harus didasarkan pertimbangan atau perhitungan yang matang. Begitu pula untuk penetapan KKM KI-1 dan KI-2.

Hal ini perlu kami ingatkan agar tidak terjadi lagi debat yang tak terselesaikan antara guru dengan kepala sekolah dan wakasek Kurikulum dalam penetapan KKM khusus pada sekolah terpencil atau yang ada di pedesaan. Dengan adanya ketetntuan tersebut sekalipun sekolah berada di pedesaan atau sekolah terpencil dengan sarana dan prasana yang sangat tidak memadai dan mungkin didukung guru yang belum professional KKM untuk KI-3 dan KI-4 harus B- setara dengan nilai 2.66 (skala 4) dan nilai 66 sd. 70 untuk skala 100.

Cerpen karya Siswa (KENANGAN UNTUK SAHABAT)

5:29 PM Add Comment
NAMA LENGKAP : GALIH DWI PANJALU
NAMA PANGGILAN : HONZEL
TEMPAT, TANGGAL LAHIR : Wonosobo, 16 Juli 2001
HOBI : Sepak Bola
NAMA ORANGTUA
1. AYAH : RAGIL SUJONO
2. IBU : Sinas
ALAMAT : Kedawung RT 004 RW 002 Wonolelo, Wonosobo
MOTTO : Ingin membuat semua orang senang dan ingin dapat menggapai cita-cita
KESAN : Pelajaran Bahasa Indonesia bagus membuat saya tahu dan mengenal wawasan yang lebih luas
PESAN : Perhatikanlah guru yang sedang menerangkan agar kita semua bisa membalas jasa mereka


(KENANGAN UNTUK SAHABAT)
Cerpen Galih Dwi Panjalu


Malam ini terasa hening dan terdengar suara-suara malam yang lebih nyaring. Suara itu menambah runcingnya kesendirian yang menggangu pikiranku. Akupun mencoba membaringkan tubuh ini ketempat tidur, setelah lama aku mencoba untuk mulai mememarkan mataku untuk tidur, tapi aku nggak bisa. Aku kembali duduk sendirian dengan suara-suara malam. Tiba-tiba saja arah pandanganku melihat buku diaryku, buku dimana semua peristiwa aku tuliskan pada buku itu. Tiba-tiba saja buku itu terbuka tertiup oleh angin, tak lama akupun langsung membacanya. Dan isi dari catatan kecil itu mengatakan semua peristiwaku kepada sahabat-sahabatku. Sahabat yang selalu bersama bercanda tawa bersama bakan disaat suka maupun duka selalu bersama. Aku dan sahabatku selalu mengisi hari-hari bersama, seakan tidak akan terpisahkan oleh apapun. Pada kalimat terakhir didiaryku terdapat “Kata” kita kan selalu bersama dan tidak dapat dipisahkan oleh apapun.

Aku sangat ingat kata-kata itu, aku terdiam sebentar, dan dalam benakku membayangkan kata-kata itu sembari duduk di tempat tidur
“Wah indahnya kalau banyak sahabat” tanyaku
“Iya indah sekali” jawab Agus
“Aku senang sekali punya sahabat seperti kalian” ucapku
“Kita juga” jawab serentak sahabatku
“Apakah kita akan selalu bersama” Tanya Nanda
“Iya pasti kit akan bersama-sama terus” jawabku
“Sipp,,,kebersamaan ini harus kita jaga” kata Agus
“Aku akan selalu membutuhkan kalian di dalam suka maupun duka” ucapku
“Iya kitapun begitu” jawab semua temanku
Kebersamaan dengan sahabat tidak akan bisa tergantikan dengan halangan apapun. Walaupun ombak yang besar dan badai yang besar sekalipun. Tapi sekuat apapun, aku tidak akan bisa hidup sendiri, karena itu aku sangat membutuhkan sekali seorang sahabt seperti kalian semua. Aku angsung bergegas mengambil bolpoin yang ada di meja dekat buku diary itu. Aku menuliskan kejadian hari ini pada buku diaryku. Aku menulis sebuah puisi sederhana untuk sahabatku
SAHABAT
Kau selalu mendengar bisikan bibirku
Disaat bibir ini mengatakan kebahagiaan ataupun kesedihan
Dengan setia kau berikan sebagian sayangmu
Hanya untuk seseorang sepertiku.

Tiba-tiba aku menghentikan tanganku yang sedang menulis puisi, kini kebersamaan yang begitu hangat lama kelamaan berubah begitu saja. Aku sudah begitu yakin kita akan selalu bersama, tapi mengapa sekarang malah berubah entah apa sebabnya. Aku tidak habis pikir kebersamaan yang selalu dinantikan yang dipastikan tidak akan dapat dimusnahkan sekarang hancur satu persatu. Kita saling musuhan satu sama lain. Aku sangat sedih dengan keadaan yang seperti itu.

Sahabat yang dulunya banyak satu persatu akhirnya pergi. Sekarang hanya sisa sahabatku yaitu sahabat sejati hanya ada Agus, Nanda, dan Angga. Musuhan yang terjadi mungkin tidak berlalu cepat mungkin sampai saat ini masih punya rasa dendam di hati mereka. Aku harus terus bertanya-tanya apakah kita dapat bersama lagi. Aku sangat merindukan hal itu. Andai saja ada pilihan aku ingin bersama , tidak mau terpisahkan seperti impianku yang dulu. Mungkin inilah yang terbaiak untuk aku jalani hari-hari selanjutnya aku terus berusaha agar persahabatan ku dengan dia bisa seperti dulu lagi, senang susah selalu bersama tapi apa daya usahaku selama ni hanya sia-sia
Aku masih saja mencoba memejamkan mataku yang sudah sangat mengantuk karena sudah larut malam. Namun tetap saja tidak bisa. Yang terpikir olehku sekarang hanyalah sehabat, sahabat dan sahabat. Yang selalu menemaniku dalam keadaan suka maupun duka mereka selalu ada untukku. Berbaring sambil melamun. Tiba-tiba saja dibenakku teringat kebersamaan dengan sahabatku.

“kita telah membunuh harapanku” kataku
“Harapan apa”Tanya Agus
“Harapan untuk kebersamaan kita” jawabku
“Oh yang dulu”
“Iya”
“Ya udahlah mungkin itu yang terbaik”
“Tapia pa yang harus ita lakukan, semua usaha telah kucoba”
“Apakah amu mau menyerah”
“Bukan begitu, kita jalani dulu aja apa yang telah terjadi. Walaupun hanya ada 3 orang sahabat”
“Baiklah kita akan selalu bersama”
“Iya karena kita adalah sahabat sejati”
Kangen itu adalah rasa sakit yang ku rasakan saat ini. Saat-saat seperti dulu lagi, saat kita canda tawa, suka maupun duka kita selalu bersama. Itu yang saat-saat sekarang aku inginkan dan aku sangat kangen dengan keadaan yang seperti itu. Serasa ingin kembali menjadi anak kecil dan polos seperti dulu lagi. Tapi yang saya sayangkan hanya satu yang saya sesalkan sahabat yang sedari kecil selalu bersama sekarang bahkan seperti kakak adik. Tapi mengapa sekarang, seolah tidak pernah mengenal aku. Aku terus saja berusaha mencapai keinginanku yaitu mengembalikan kebersamaan yang dulu pernah pudar. Tapi terus saja tidak bisa dan tidak ada hasilnya. Dia mungkin sudah lupa siapa aku sebenarnya. Mungkin dia sudah mendapat sahabat yang baru, sahabat yang lebih baik daripada aku.

Tak sadar mataku menitihkan air mata hanya membayangkan ketika kita selalu bersama tiba-tiba sekarang hancur lebur. Aku sangat kcewa tidak bisa mempertahankan kebersamaan kita yang dulu. Sekarang sahabat yang tersisa tiga kini malah bermusuhan entah apa penyebabnya. Tapi kenapa satu persatu persahabatanku kini runyam dan semu selalu musuhan. Dan air mataku selalu mengalir dipipiku saat aku mengingat kebersamaan yang dulu hangat sekarang hancur, musuhan. Itu yang selalu saja terjadi. Dan dalam musuhan ini mungkin saja aku penyebab masalahnya. Aku kini bermusuhan dengan sahabatku yang paling gendut yaitu angga teman yang paling pengertian, saat aku sedih dia yang selalu membuatku untuk selalu tersenyum. Tapi mengapa malah dia meninggalkanku dan memusuhiku. Hanya masih dua sahabat yang bersamaku yaitu agus dan nanda. Jadi dia adalah sahabatku yang paling konyol. Kita saling musuhan saat masih SD. Tapi musuhan dengan angga tidak begitu lama. Memang sahabat sejati tidak akan pernah meninggalkan satu sama lain. Saat musuhan aku menyayangkan hal itu. Seharusnya bisa bermain dan bersenang-senang di sekolah bersama. Akibat aku bermusuhan dengan angga, dia yang dulu paling pengertian sekarang tidak begitu pengertian kepadaku. Aku masih mengingat jelas kejadian itu dulu. Ada percakapan aku dengan kedua teman sejatiku.
“Apakah kalian juga akan meninggalkanku” tanya aku
“Tidaklah” jawab agus
“Apa buktinya, aku kini musuhan dengan angga” kata aku
“Biarkan dulu saja” kata nanda
“Tapi aku nggak bisa seperti ini terus” sahut aku
“Apa kamu mau menyerah dengan dia” tanya nanda
“Kita seharusnya mempertahankan, bukan kaya gini caranya” jawab aku
“Kita sudah terlanjur musuhan kalau tidak ada yang mau mengalah, akan terus musuhan untuk selamanya” ucap nanda
“Itu yang aku takutkan” sahut aku
“Ya udahlah kita mengalah saja” ucap agus.

Agus dan nanda yang tadinya tidak musuhan saja lama-lama dimusuhi juga oleh dia. Sebenarnya siapa ya yang salah sehingga ada musuhan. Aku bingung tidak mengerti apa masalahnya sehingga aku bisa musuhan dan teman-temanku juga ikut dimusuhi. Ataukah dia sudah bosan bersahabat denganku. Dalam bersahabat seharusnya tidak mementingkan keegoisan diri sendiri, hanya sahabat yang egois yang dapat memusuhi temannya sendiri. Dalam bersahabat juga seharusnya kita dapat saling menerima dan saling membantu satu sama lain. Tidak hanya mementingkan dirinya sendiri. Sahabat yang dulunya manis sekarang berubah menjadi pahit. Di dalam posisi ini saya selalu aja mengalah. Aku selalu saja di pojokkan, di salahkan dan apapun itu. Tapi sahabatku kini telah menjadi empat kembali. Persahabatan ini sudah menjadi keluarga kecil dalam hidupku. Akhirnya kita bersama kembali. Kali ini aku harus mengambil pelajaran dari bersahabat yang dulunya pahit sekarang menjadi manis kembali. Sekarang tidak akan ada kata bermusuhan dalam persahabatan yang hangat ini. Harapanku sekarang adalah tidak bermusuhan dengan sahabat-sahabat sejatiku. Sahabat yang selalu penegrtian kepadaku dan selalu ada di dalam keadaan suka maupun dalam keadaan duka. Aku tahu aku hanyalah makhluk lemah. Aku tidak akan berarti apa-apa bagai orang lain bila tidak ada yang menemaniku disampingku yaitu seorang sahabat. Jika tidak ada seorang sahabat disampingku aku tidak akan berdaya dan berguna apa-apa bagi orang lain.

Sahabat yang slalu setia menerima aku apa adanya dan ala kadarnya tidak membandingkan dengan sahabat-sahabat lain yang bersamanya. Sahabat setia juga akan selalu mendengarkan curahan hatiku ketika aku sedang sedih atau apapun. Sahabat setia yang aku sayangi sekarang akan menjadi keluarga kecilku. Sahabat yang sekarang akan menjadi keluarga kecilku akan selalu menemaniku dikala suka maupun dikala duka. Mereka akan memberikan motifasi kepada saya agar saya selalu berbuat positif dan tidak berbuat negative. Aku akan sangat-sangat membutuhkan sekali seorang sahabat seperti kalian. Karena kalianlah sahabat yang takkan pernah tergantikan oleh apapun dan oleh siapa pun. Kadangkala aku dan sahabatku selalu membantu ataupun merepotkan semua orang saya terutama tapi beruntung saya punya seorang sahabat sejati aku. Karena dia yang selalu membantuku di keadaan apaun, susah, senang, sedih dan apapun itu dia selalu ada untuk membantuku dan menemaniku di saat-saat aku sangat membutuhkan mereka yaitu seorang sahabat –sahabat yang tidak pernah tergantikan oleh apapun. Aku pasti akan merindukan kehangatan saat-saat diriku sedang bersama sahabat-sahabat sejatiku. Sahabatku “I Love You” kata-kata ini akan selalu kuingat, didalam diaryku terdapat tulisan aku sangat merindukanmu sahabatku “I Love You” inilah kata-kata yang membuatku selalu teringat kepada sahabat-sahabat sejatiku. Aku tidak bisa senang bila tidak ada seorang sahabat seperti kalian semua. Bahkan mengalami kesulitan pun selalu saja dengan sahabat. Sahabat sejatiku sahabat sehidup sematiku. Kata-kata manis itu telah ku tuliskan pada buku diary dan telah ku ucap sendiri dalam bibirku ini bibir-bibir sahabat-sahabat sejatiku  dan bibirku dan sekarang aku dan sahabatku mengulang kata-kata manis yang dulu pernah dikotakan bersama dan yang sudah ku tuliskan dulu pada buku diary yang sedang kubaca.

“Senang sekali ya…? Kita dapat berkumpul bersama lagi seperti dulu” kata angga
“Iya memang kebersamaan ini, yang selalu kita inginkan” jawab nanda
“Ya betul kata nanda dulu si galih ingin sekali kebersamaan kita ini hangat, nah sekarang sudah terwujudkan lih” sahut agus
“Pasti, aku sangat berterima kasih sekali kepada kalian semua telah menjadi sahabat-sahabat sejati pada (dalam) hidupku” jawab aku
“Hahahaaaa” kita semua tertawa terbahak-bahak
“Kita semua harus bisa mempertahankan kebersamaan ini sampai dewasa bahkan kalau kita sampai mati pun akan tetap menajdi sahabat sejatiku” kata aku
“Kita semua harus berjanji pada diri kita sendiri dan kawan-kawan kita agar tidak musuhan lagi oke” kata angga
“Senang ya punya sahabat setia seperti kalian semua” kata aku
“Ya tentu karena sahabat sejati itu tidak akan pernah tergantikan oleh apapun walaupun musuhan pasti kita akan bersama lagi” sahut agus
“Ya pastilah” jawab nanda
“Yang penting semuanya senang” kata agus
“Senanglah bisa bersatu kembali” sahut aku
“Yang penting gak ada keegoisan” jawab angga
“Ya, yang biasa egois , hati-hati lho” sindir si agus
“Yang nyindir ya ada” jawab nanda
“Ada yang ngerasa nih yeee” sahut aku
“Intropeksi diri aja” kata angga
“Dengar tuh” sahut bela dengan keras.

Sekarang tugas kita adalah gimana agar persahabatan kita selalu hangat dan tahan sampai kapanpun. Semoga saja tidak terjadi musuhan. Itu hal terburuk yang terjadi dalam persahabatan. Ini menjadi pelajaran. Aku bisa menilai diriku sendiri berapa besar manfaatku. Aku berharap agar ke depannya selalu kaya gini. Jadikan persahabatan ini menjadi hangat terus. Dan harus percaya semua orang pasti membutuhkan sahabat. Tanpa sahabat mungkin tidak bisa menjalani hidup sebahagia ini. Terima kasih untuk kenangan dan kebersamaan ini. Terima kasih juga untuk waktu yang selalu menemaniku. Aku tidak ingin persahabatan kita kali ini hancur lagi. Karena sahabat akan selalu melekat hingga akhir hayat. Semua peristiwa yang pernah aku alami dengan sahabat akan menjadi kenangan yang indah. Kenangan yang akan mengingatkan aku dikala aku mendapat teman baru. Aku akan menjadikan persahabatan ini persahabatan paling indah. Karena sahabat-sahabat sejatiku sekarang telah menjadi keluarga kecil bagi diriku dan akan selalu merekat kenangan-kenangan dulu waktu kita bersama. Aku menyadari aku bukanlah makhluk yang sempurna. Tapi aku pasti memiliki kekurangan dan kekurangan itu aku miliki pada kesempurnaan sahabat-sahabat sejatiku. Jadikan persahabatan ini menjadi hangat terus. Aku tidak akan melupakanmu. Kenangan yang akan mengisi hari-hari kosongku. Kenangan seburuk apapun yang telah terjadi bersama. Aku akan senang sekali, seburuk apapun asal kita bersama akan menjadi indah pada waktunya…
“Ingat sahabat melekat hingga akhir hayat”
I LOVE YOU
MY FRIENDS

Cerpen Karya Siswa "Sahabat Baru"

5:23 PM Add Comment
Nama lengkap : FITRIANA PUJI RAHAYU
Nama panggilan : FITRI
Tempat tanggal lahir : Wonosobo, 27 Desember 2000
Hobi : Menyanyi
Nama orang tua :
Ayah : Untung Raharjo
Ibu : Khusanah
Motto : Jadilah orang yang berhasil
Alamat : Gondang, Jogoyitnan, Wonosobo
  RT 002 RW 004
Pesan : Semoga Pak Preter menjadi guru yang berhasil
Kesan : Pelajaran bahasa Indonesia sangat memotivasi saya


Sahabat Baru

Di pagi hari ini aku merasa sendiri tiada yang menemani, mau di rumah ataupun di sekolahan, tapi semua itu berubah ketika aku menemukan sosok teman yang tiba-tiba datang menyapaku. Saat aku berada di depan kelas sambil melamun sendiri melihat disekeliling aku banyak teman yang sedang bermain tapi aku diam di tempat dan hanya menontonnya saja dengan sendiri.
Teman : “Hay” (sambil memegang pundak kanan)
Aku : “Hay juga” (menoleh ke belakang
Teman : “Sedang apa kamu di sini? Apakah kamu baik-baik saja? Adakah yang bisa saya bantu mungkin!
“Ya aku baik-baik saja. Namun aku merasa sedih di sini tiada teman curhat disisihku! Jawabku dengan sedih
“Kamu tidak usah sedih seperti itu aku ingin kok menjadi sahabat barumu jawabnya dengan semangat.
“Benarkah kamu mau bersahabat denganku” dengan senyum yang manis
“Iya, benar sekali.” Siapa nama kamu” jawabnya dengan ramah
“Nama aku Fitriana Puji Rahayu bisa dipanggil Fitri, Puji, Rahayu ataupun Ana juga bisa jawabku dengan semangat
“Nama yang indah” tersenyum
“Ooh iya nama kamu siapa? Jadi lupa. Jawabku agak sedikit bingung.
“Perkenalkan nama saya Siti Halmina bisa dipanggil Siti terserah kamu aja sambil menatap Fitri
“Nama kamu juga bagus sekali seperti orangnya yang sangat ramah dan baik hati senang mempunyai sahabat seperti kamu” jawabanku dengan tersenyum
“Terima kasih” tersenyum ramah
“ Iya sama-sama Halmi” ketawa. Sekarang aku sudah tidak merasa kesepian lagi karena ada kamu di sini held an mau menjadi sahabatku. Dulunya aku selalu sendiri di sini semuanya bermain dengan sendirinya tiada yang mengajakku aku sangat sedih dan aku gak mau kalau semua itu terjadi lagi kepadaku. Aku pun ingin berubah menjadi yang lebih baik lagi dari semua ini aku pun ingin mempunyai pikiran yang dewasa. Semua itu mungkin telah berlalu karna aku buang jauh-jauh masa laluku dan kembali ke masa depan yang lebih baik dari yang sebelumnya. Bangkit”
“Terhibur rasanya mendengar ceritamu yang mungkin sangat sedih bagiku dan dirimu” sedih juga dengan meneteskan air matanya.

“Iya itulah” tapi kamu jangan nangis aku yang terkena masalah kok kamu yang menangis” sudah cup cup” jawabku sambil mengelus-elus bagian kanan helmi tersenyum.
“Iya oke-oke fit ujar helmi dengan semangat
“Semoga kita menjadi sahabat yang seutuhnya dan bersama-sama memecahkan semua masalah jawab aku dengan lembut.
“Iya fit” dengan tersenyum. Aku gak nyangka sekarang aku mempunyai sahabat baru aku sangat senang sekali semoga aku dan helmi menjadi sahabat yang seutuhnya. Tidak hanya itu saja aku pulang sekarang selalu bersama halmi. Halmi menghiburku dikala aku sedang sedih dan halmi selalu membuat aku tersenyum disaat aku merasakan kebahagiaan itu ada yang sangat luar biasa, aku senang mempunyai sahabat seperti halmi aku merasa senang sekali jika ada banyak sahabat yang aku miliki itu rasanya lebih indah. Tapi itu aku akan menjalani masa ini dengan sabar dan aku harus mempunyai sifat rendah hati.
“Hay” menyapa dengan ramah
“Juga” jawabku dengan ramah juga
“Kamu sahabat barunya halmina? Sejak kapan kamu menjadi sahabatnya halmi” jawabnya sinis
“Ya aku memang sudah berteman dengan halmi sejak tadi pagi” emangnya kenapa? Jawabku agak sedikit membentak
“Yaaaa (berbelit-belit) gak kenapa-kenapa si cumin mau nanya saja” ketawa nyindir
“Gitu…cuek
“Iya aku harap kamu gak usah temenan deh sama halmi lagi” jawabnya sinis
“Emangnya kenapa” lo punya masalah sama halmi gituh dengerinnya aku tu baru aja temenan sama halmi jadi gak usah ngganggu hubungan persahabatan aku dengan halmi. Marah”
“Dia tidak yang seperti kamu bayangkan. Dia adalah teman yang baik di depan saja. Jawabnya sungut
“Ahhh (acuh tak acuh) aku gak pernah dan gak bakalan pernah percaya sama omongan kamu itu.
“Ya sudah jawabnya cuek dan pergi. Dia siapa ya kayaknya sengit banget sama hubungan persahabatan antara aku dan halmi padahal kan halmi adalah sosok orang yang rendah hati, sangat baik, dan selalu menyayangi kepada semua orang, menurutku.
“Fitri!!! Dengan mengageti fitri
“Hhaaha iya jawabku gagap kaget
“Kamu kenapa kok kaya gitu” tanyanya
“Yaaa kamu sudah bikin aku kaget saja jantungnya kaya mau copot tau (sebal)
“Yaa maaf aku kan Cuma bercanda (sambil memegang tangan kanan fitri dan menatapnya dengan tersenyum
“Iya halmi enggak papa kok lain kali kalau bercanda jangan gitu yah el” jawabnya penuh amarah
“Ok” jawabnya tersenyum “Tapi kayaknya kamu lagi mikirin sesuatu dehh fit” iya kan yak an jujur. Sebenarnya apa yang sedang kamu pikirkan? Ayolah cerita sama aku apa salahnya si fit. Kan kita sahabat. Melihat mata fitri
“Aku gak papa kok hel” cumin tadi ada yang nyemperin aku tapi aku gak kenal sama dia. Di atu kayaknya sengit banget sama persahabatan kita. Tapi entah kenapa hel aku bingung
“Siapa? Pasti itu erna yak an? Memang dia tu sangat sengit kalau aku mempunyai sahabat baru dan dia ingin rusakin sebal.

“Benarkah” terkejut
“Ooh ya udah, lain kali kalau ada apa-apa jangan sngkan-sungkan untuk cerita sama aku ya. Aku kan sahabat kamu” tersenyum
“Iya hel makasih ya bel pun berbunyi tanda masuk kelas
“Ya udah, ayo kita masuk kelas nanti ceritanya kita lanjutkan lagi ya fit (ujar halmi)
“Iya hel, ayo” dengan nada suara yang ceria
“Pada saat pembelajaran sudah berlangsung aku dan halmi bergurau menceritakan tadi di luar kelas membahas soal yang dibicarakan di dalam kelas. Kemudian pak guru memanggil aku dan halmi maju ke depan aku dan halmi dihukum pak guru untuk berdiri di depan sambil mengangkat kaki dan memegang telinganya masing-masing sampai pembelajaran selesai. Pembelajaranpun selesai kemudian anak-anak dipersilahkan untuk pulang, tetapi kami masih belum pulang aku dan halmi masih dihukum untuk membersihkan kelas sampai bersih, saat kami sedang bersih-bersih ada beberapa anak yang meledek kami tapi aku dan halmi tersenyum dan membiarkan saja apa yang orang lain katakan karena jika aku dan halmi ladeni masalahnya akan bertambah berat dan rumit. Setelah kami menyelesaikan semuanya aku dan halmi pun menutup pintu kelas dan berjalan untuk pulang
“Fit, kita mampir makan bakso dulu aja yuk fit (tanyanya)
“Ayo ayo hel tapi setelah makan kita langsung pulang kerumah yah el kan kita banyak tugas numpuk banyak sekali
“Iya-iya pasti. Apa kita ngerjain tugas bareng-bareng aja biar cepat selesai(tanyanya)
“Siap hel kita belajar bareng tapi mau di rumah siapa? Atau mau di tempat makan? An caffe. Rumah makan alur atu mau dimana hel terserah. Aku si terserah kamu aja hel aku ikut dehh
“Kalau di rumahmu saja fit bagaimana? Bolehkan. Tapi di sediain makanan yang banyak ya fit, ok
“Ya oke oke lah hel pastinya. Jawabku penuh senyum
“Ya udah fit pesen baksonya dulu dan minumnya gih aku udah laper banget (ujar halmi)
“Iya sabar halmi ini lagi pesen” heran
Kemudian kami duduk sambil menunggu pesanan makanannya datang. Setelah makanannya datang kami langsung makan dengan tergesa-gesa dan tersedak makanannya.
“ Hati-hati halmi makanannya, diminum dulu biar enggak sakit” jawabku sedikit kwatir
“Ya fitri tadi sangat lapar dan makannya pun tergesa-gesa apalagi tadi lupa berdoa dahulu! Jawab halmi sambil cekikikan menahan sakit.
“Makanya kalau makan tu berdoa dulu biar enggak tersedak. Jawabku
“Iya fitri, aku mau berdoa dulu sebelum makan tapi aku lupa karena perutku ini sudah keroncongan makasih ya fitri udah ngingetin aku untuk berdoa” jawab halmi sambil memegang perutnya
“Iya sama-sama hel, lain kali kalau makan jangan lupa berdoa ya biar enggak tersedak lagi.
Setelah selesai makan dan minum aku dan halmi pergi meninggalkan tempat makan baksonya dan langsung berjalan menuju rumah. Di tengah jalan kamipun bertemu dengan teman lama atau teman mas SD dulu dan menyapanya dan kami sangat senang sekali jika sahabat lama tidak pernah lupa kepada sahabat lamanya. Mereka berarti yang dinamakan sahabat sejati  dan kamipun berjalan dan menceritakan tentang dahulu mempunyaoi teman yang banyak. Apalagi temannya sangat baik, penyayang, dan tidak sombong.
“Fit aku teringat tadi pas bertemu teman sekolah kita dulu! Sambil berjalan
“Iya hel, dulu kita temannya banyak tapi semua itu hilang pas kelulusan dan ingin mencari sekolah yang jauh” jawabku.

“Huft. Kayaknya kita harus ngrencanain sesuatu fit” jawabnya dengan tergesa-gesa
“Merencanakan apa hel? Sesuatu apa? Aku gak tau maksud kamu itu apa? Jawabku dengan kaget
“Ya, kita mengadakan acara kumpul bersama teman SD dan mengabari semua tentang itu pasti mereka setuju” tersenyum
“Hha, benar kamu hel ide kamu lancer pinter juga ya. Berarti kita mengontek semuanya dan kita akan pergi kumpul bareng” jawabku dengan teriak
“Ya iyalah siapa dulu halmi, benar sekali akan pergi reoni” dengan senangya
“Ya oke oke hel, seneng deh bisa hanting bersama teman SD” sungutnya
“Iya fitri” senyum. Dan aku pun sudah sampai sudah mau sampai rumah dan halmi pun pulang
“Fitri!! Tanyanya
“Iya masuk aja hel” jawabku
“Ayo kita kerjai tugas yang banyak itu biar cepet selesainya, biar nanti malam aku enggak nglembur lagi kayak kemaren capek banget” jawabnya dengan semangat
“Iya ayo hel aku ngambil buku dan alat tulisnya dulu ya hel” jawabku tersenyum
“Ya oke fit jangan lama-lama ya…tanyanya
“Iya halmi” sambil membawa buku dan alat tulisnya ditangan kanan aku
“Lo kok cepet banget ngambilnya kirain kamu ngambilnya di warung atau di sekolahan” jawab halmi menghayal
“Ya iya lah cepet wong nagmbilnya di meja belajar tu” sambil menunjuk ke meja belajar
“He he, ya udah kita langsung kerjain aja biar kita bebas dari pekerjaan yang sulit ini huuh” jawabnya lemas
“Ayo kita mulai belajarnya” jawabku dengan semangat tinggi untuk belajar
Kami pun mulai mengerjakan tugas dengan serius dan kerja sama kelompok. Tugas kami telah selesai setelahnya kami duduk di kursi untuk melepaskan rasa lelah letihnya yang kami rasakan sekarang
“Kita rasanya habis lari keliling lapangan lo kali ya hel” jawabku dengan capek
“Buka lo kali lagi tapi 100 kali letihnya luar biasa aku sangat haus fit” sambil mengibas-ibas
“Ya udah! Kita buat minuman segar yuk hel
“Minuman segar apa? Es. Dengan semangat
“Minuman segar es kelapa muda. Yuk hel” ajak aku kepada halmi
“Kita harus ngambil di pohon dulu gitu fit! Seru halmi dengan suara agak tinggi.
“Ya tentu tidak. Di rumahku sudah ada yang menyediakan tinggal olah saja hel” jawabku dengan lembut
“Hha, aku kira kita metik dulu di pohon belakang rumahmu” tawa halmi sambil menepuk-nepuk bahu kananku
“Ya tidak lah hel emangnya kamu mau! Sungutnya
“Ya tidak lah, yuk fit kita cuss membuat. Dengan semangat
“Awas hel hati-hati dengan pisaunya”  kwatir
“Iya tenang saja aku hati-hati kok, santai aja” ucap halmi dengan nada agak sombong
“Iya” aku percaya lah sama kamu, jawabku
“Aww!!! Teriak halmi dengan keras
“Kenapa hel kamu terkena pisaunya, tanyaku dengan raut muka yang cemas
“Iya fit aku terkena pisau sakit sekali” sambil merintih kesakitan
“Kan aku udah bilang hati-hati makai pisaunya. Aku pun mengobati tangan halmi yang berlumuran darah, kemudian aku yang ngelanjutin pekerjaan halmi hingga selesai dan hasilnya jadi kami pun langsung meminumnya. Tak terasa hari sudah mulai sore halmi pun pamit pulang ke rumah
“fitri aku pulang dulu ya udah sore nih. Aku mau mandi dulu”
“Iya sana hati-hati ya hel di jalan semoga gak ada halangan di jalan”
“Ya oke-oke siap” dengan tersenyum.

“Ya siap lah hel. Kemudian aku pun mandi dan membersihkan terlebih dahulu buku-buku yang numpuk di meja. Dan aku pun bergegas menuju kamar mandi. Setelah mandi aku selesai aku hanya duduk-duduk sendiri dan merenungi hingga petang” aku pun langsung bergegas untuk ambil air wudhu dan sholat. Setelah sholat aku pun meneruskan membaca al quran hingga waktu isya datang dan aku melaksanakan sholat isya terlebih dahulu. Hari pun sudah malam aku beranjak ke tempat tidur.
“Fiti” tanya teman SD
“Iya” jawabku
“Lagi apa di sini”
“Lagi duduk nih”
“Kok sendirian aja teman-temanmu mana? Tanyanya
“Lagi pada ke kantin” jawabku
“Kok kamu enggak ikut ke kantin?
“Iya aku males banget hari ini!
“Ya udah yuk kita masuk kelas sambil bermain
“Ayo” dengan semangat. Bel masuk pun berbunyi dan pelajaran dimulai.

Cerpen Karya Siswa "Baden Powell Day"

5:16 PM Add Comment
Nama lengkap         : FAJAR ARIF RAMADHANI
Nama panggilan         : FAJAR
Tempat tanggal lahir : Wonosobo, 1 Desember 2000
Hobi         : Bermain musik
Nama orang tua         :
Ayah                         : Margono
Ibu                                 : Watini
Motto                         : Berjalan ke jalan yang lurus
Alamat                      : Gondang Tanggung, Jogoyitnan, Wonosobo RT 009 RW 004
Pesan                         : Janganlah meninggalkan pembelajaran
Kesan                         : Menyenangkan

Baden Powell Day

Pada siang hari aku membayangkan hari Baden Powell Day pada tanggal 22 Februari 2016. Dan harinya pun dipercepat pada tanggal 20 Februari karena tanggal 22 Februari itu hari senin.
Aku berangkat dari rumah menuju sekolahan dengan jalan kaki, setelah beberapa menit kemudian saya tiba di sekolahan. Saya bertemu dengan Ahmad Latief. “Tief kamu lagi rapat osis ya” tanya saya. “iya” jawab latief. “kenapa kamu enggak masuk kelas” tanya saya. “ nanti dulu”  jawab latief. Ge saya punya filem Big Hero Six “tanya saya”. Aku coba nonton dikit aja “tanya latief”. “okey” jawab saya” jark kapan-kapan aku minta filemnya ya” kata latief”. Ya … kalau belum saya hapus itu beruntung buat kamu. Kalau saya sudah hapus filemnya ituu bukan keberuntungan kamu “kata saya”. “Fajar ini ada dua tapi buat kamu sama Diana, nanti berikan Diana ya” kata pak lukman “iya pak nanti kalau Diana sudah datang nanti saya berikan “jawab saya”. Jangan lupa ya” kata pak lukman iya pak makasih ya” jawab saya. Dan Diana pun sampai di sekolahan. “Yan in ada tapi Pramuka dari pak lukman buat kamu” kata saya ?” tanya Diana” iya ini buat kamu terima saja “ kata saya”. Makasih ya jar” jawab Diana. “Tif mana hp saya, saya mau berangkat “kata saya”. Ini jar” jawab latif. Dan kami menuju ke parkiran motor. Pak Anto kamu bawa Diana ya, saya bawa Fajar” kata pak lukman “iya pak” jawab pak Anto. Dan kami pun berangkat menuju Kwarcab.


Setelah sampai di Kwarcab kami kebingungan(tidak ada teman kenalan). “jar ini mau kemana” kata Diana.” Ikuti pak likman aja” jawab saya” dan kami pun masuk ke ruangan untuk meletakkan tas dan perlengkapan yang lain. “kalian sudah tanda tangan belum” tanya pak lukman” belum pak” jawab kami berdua. “ ya sudah tanda tangan duluan di sana” kata pak lukman. “iya pak” jawab kami berdua. Setelah tanda tangan kami keluar ruangan, dan kami disuruh pak lukman untuk mencari teman dan beberapa menit kemudian kami ditinggal oleh pak lukman sama pak anto. “fajar, Diana” kalian cari teman biar bisa akrab, nanti malam pakk anto akan datang, jangan lupa cari teman” kata pak lukman”. “iya pak nanti kami akan cari teman” jawab saya.”
Setelah kami ditinggal, kami kebingungan untuk mencari teman. Saya smsan sama yayan “yan, saya disini seperti kambing congek sendirian” tanya saya”. “Melas timen” jawab yayan. Dan kami berdua ditanya sma SMPN 2 Selomerto. Nama kamu siapa “tanya pramuka putri SMPN 2 Selomerto. “Namaku Diana, nama kamu siapa” tanya Diana” “Namaku Eri” jawab Eri. Aku ditanya sma ketua prmuka SMPN 2 Selomerto. “Nama kamu siapa?” “Namaku Fajar, na nama kamu siapa?” jawab dan tanya saya. “Namaku Shendi” jawab Shendi.

Setelah berkenalan kami diajak untuk foto-foto di depan sawah, dan kami menuju ke tempatnya dan temannya eri ini dari SMPN 2 Selomerto sangat  cerewet sekali. Mas..mas.. mba..mba…ayo foto-foto kata temannya eri. Temannya eri ini namanya lilik. Maaf mba saya enggak suka foto “jawab saya”. Setelah beberapa menit kami berfoto-foto kami mendengar suara peluit menandakan berkumpul untuk upacara pembuka kegiatan. Setelah beberapa menit mengikuti upacara kami segera untuk sholat asar secara berjamaah. Kami disuruh membuat kelompok dan yel-yel kelompok. Setelah itu kami disuruh untuk membuat tenda. “pertama besinya dipasang dulu” kata riski. “Sudah ris” jawab suraman. “Okey..suraman sama barokah kalian pegang ujung besi, dan fajar, dafa, rizki kalian pasangkan tenda di atas. Kata rizki “sudah” jawab dafa “lalu kita pasang tali di depan dan dibelakang lalu disamping-samping” kata rizki. Ini saya bawa deklit taruh dimana”tanya dafa”. Pinter kamu, okey kita angkat tendanya baru kita letakan deklitnya di bawah tenda “ Oke semua” kata suraman. “siap”jawab semuanya.

Setelah membuat tendakami semua disuruh untuk perlengkapan yang kami bawa untuk dibawa masuk di tenda. Kami dipersilakan untuk bersih-bersih untuk shalat magrib berjamaah dan setelah shalat kami disuruh makan malam bersama-sama. Setelah beberapa menit shalat dan kami pun segera makan. “Fajar duduk disitu aja yuk” tanya dafa. “Okey” jawab saya. “Pramuka kaya gini Alhamdulillah makannya lauknya sama ayam goreng” dipikiran saya. “Jar mau mau the enggak” tanya suraman. “Ya enggak apa-apa” jawab saya. “Ini tehnya(sambil membawa the buat saya)” tanya suraman. “Oohh, makasih ya” jawab saya. “Sama-sama” kata suraman.

Dan kami setelah makan bersama kami bermain hp sebentar dan kami untuk berkumpul dengan pembelajaran melatih kepemimpinan. Setelah beberapa puluh menit kemudian kami disuruh berkumpul ditengah-tengah lapangan “dan jangan lupa membawa matras kalian untuk duduk” kata kakak. “Dava ambill punya kamu sama rizal yang deket biar enggak kesusahan” kata suraman. “Oke ma” jawab Dava. Setelah dava sama rizal mengambil matras kami duduk bersma-sama dan apinya pun menyala “ayo kita nyanyi bersama nyanyi api unggun”  kata kakak.
Api Api Api Api Api
Api kita sudah menyala
Api Api Api Api Api
Api kita sudah menyala
“Oke kalian boleh duduk dan ambil cemilannya satu orang satu. Jangan melihat dari segi harganya tapi dilihat kegunaannya” kata kakak. “Iya kak” jawab bersama-sama. Setelah beberapa puluh menit kemudian kami dipersilakan uuntuk tidur. Setelah itu safii sms. “Jar kamu dimana” tanya safii. “Saya didalam” jawab saya. “Jar kamu keluar tah” tanya safii. “Enggak boleh keluar kata kakak” jawab saya. “Lah gari keluar aja kak repot” tanya safii. “Ya…” jawab saya. Saya punkeluar untuk menemui safii. “I kamu dimana” tanya saya. “Saya dikiri kamu dan lihat ada sepeda motor yang terparkir” jawab safii. “Ya tak kesitu” kata saya. “Iya” jawab safii. Saya pun menghampiri safii “Ada apa if” tanya saya. “Apik enggak kegiatannya” tanya safii. “Ya apik donk. Sambil cari cewekk kalauada yang mau” jawab saya. “Ge ya pelantikan dewan kira-kira tanggal berapa” tanya saya. “Saya enggak tau, nanti kita tanya pak lukman sama pak piter untuk pelantikannya” jawab safii. “Ya kamu darimana if” tanya saya. “Saya baru saja pulang karate” jawab safii. “Ooo” jawab saya. “Y awes ya saya pulang dulu ya sudah malam, semangat ya, jangan luoa titip salam buat Diana, andriyani ya jangan lupa” kata safii. “Ya tak sampaikan salam buat Diana” jawab saya.

Setelah saya berbicara dengan safii saya masuk ke tenda untuk ganti pakaian dan menggunakan jaket dan tidur.” Mau jajan enggak sama saya” tanya barokah. Barokah ini perilakunya seperti Muhammad nur muhaimin di kelas saya. “Saya enggak” jawab saya. “ya tunggu saya ambil uang dulu” jawab dava dan rizal. “man kamu tau SKU” tanya saya. Enggak apa si? Jawab suraman. “Itu syarat kecakapan umum” kata saya. Saya baru tau” jawab suraman”. Ya kamu dapat V2 darimana” tanya saya”. Saya dikasih sma guru” jawab suraman. “oooh” jawab saya. Jar besok jadwalnya apa?” tanya suraman”. “Nah ini jadwalnya ditempelin di atas tenda” jawab saya”. Saya tidur dulu ya. Setelah beberapa  menit kemudian kami berkumpul bersama di tenda. Setelah kami hampir tidur. “ Ge ge saya mau pindah dong di sini banyak semutnya. Kata dafa. Dava pun mempersempit tidur kami, beberapa saat kemudian kami pun tertidur. Saya terbangun karena terlalu sempit akhirnya saya pindah ke tempat tidur yang seharusnya ditiduri dafa. Dan saya pun tertidur kembali. Pada jam 00.00 mbak saya menelpon saya, dan saya terbangun saya membuka hp saya “wah ada yang menelpon siapa ya?”kata di hati saya, 00.00 mbak umi, wah sampai 7 panggilan tak terjawab ada apa ya?”kata dihati saya lalu saya sms mba saya “mba ada apa?” Tanya saya. Beberapa menit mba saya nelpon saya. Ada apa mba? Tanya sya. “kamu dimana” tanya mba saya. Ta kamu dimana? Tanya mba saya. Sya lagi kwarcab” jawab sya”. Ya kamu bisa pulang enggak? Tanya mba saya. “Ada apa ci? Tanya sya. “Nenek meninggal” jawab mba saya. Innalillahi wainna ilaihi rojingun “jawab saya. “ya kamu bisa pulang enggak” tanya mba saya. “ya bagaimana ya mba saya ci…inginnya pulang tapi bagaimana saya sudah diutus dari sekolahan untuk mewakili sekolahan “jawab saya”. “ya kamu telpon guru Pembina pramuka” tanya mba saya”. “Ya bagaimana ya mba ini kan sudah jam 12 malam lebih ya guru pembina pramuka ya sudah tidur ya saya enggak enak” kata saya”. “Ya sudah kamu jangan kepikiran aneh-aneh kamu jalani saja pramukanya biasa saja, masalah ini enggak dipikir nemen-nemen okey “kata mba saya. “ya mba” jawab saya. “ya sudah wassalamualaikum” kata mba saya. “waalaikumsalam” kata saya.

Dan saya melihat pemberitahuan di hp saya jaringan wifi terbuka lalu saya klik berbunyi alarm terdapat di wifi itu. Lalu saya mematikan wifinya saya kembali tidur.
Saya terbangun jam 03.30 lalu saya membangunkan shendi untuk mengajak ke kamar mandi untuk mandi. “Sen…sen..bangun” kata saya. “eh…eh…eh…apa jar “jawab shendi”. Ayo mandi biar tidak antri” kata saya”. “ya…” jawab shendi. Nanti dulu saya mau ambil sabun dulu “kata saya”. Ya saya mau ambil handuk dulu” kata shendi”. Dan kami pun berjalan menuju wc. Kamar mandi perempuan yang mana? “tanya saya” ya saya enggak tau” jawab shendi. Shendi pun mengetuk pintunya tok tok tok, masi lama enggak?” tanya shendi” enggak ini saya mau pakai kerudung” kata si mba-mba didalam wc” “ya saya tunggu” jawab shendi. Dan beberapa menit kemudian mba-mba itu pun keluar. Dan rizal pun datang untuk mandi. “Aku dulu” kata rizal” aku sudah kebelet “kata shendi” ya sudah kamu duluan” kata rizal” dan shendi pun masuk dan beberapa menit kemudian shendi pun keluar dari wc.. “Aku dulu” kata rizal” aku dulu”kata saya” dan akhirnya kami masuk bersama-sama dan pintunya ditutup. “kamu duluan mandinya zal” kata saya”. “Ya “ jawab rizal. Setelah rizal mandi saya pun mandi. “Jar titip sikat giginya ya” kata rizal” ya “jawab saya”. Setelah beberapa menit saya mandi dan ambil air wudhu saya pun keluar kamar mandi dan setelahnya shalat subuh berjamaah. Setelah shalat berjamaah kami disuruh untuk ganti pakaian olahraga untuk senam dan kegiatan selanjutnya. Dan kami dikumpulkan semuanya untuk senam pagi judulnya.

Senam pramuka dan famire. Setelah beberapa menit kami senam kami dikumpulkan kembali untuk membuat yel-yel yang sudah disiapkan oleh kakak-kakak. “oke kalian membuat yel-yel yang sudah disiapkan oke yang pertama sampai akhir “kata kakak”. “Oke” jawab bersama-sama. 1 2 3 “kata kakak. Dan pertandingannya mengasikkan, menyenangkan, mengoyolkan, dan lain-lainnya. Sangat menyenangkan dan setelah membuat yel-yel kami setiap sekolahan maju ke depan untuk menampilkan yel-yel dan yang maju cuma SMPN1 Kertek. Dan setelah membuat yel-yel dan menampilkan yel-yel. Kami pun dikumpulkan kembali untuk membuat seperti kaki tiga. “Oke kalian membuat kaki tiga selama 30 menit itu lebih dari cukup untuk membuat kaki tiga. Peralatannya ambil di sana okey, 1 2 3 “ kata kakak”. Dan perlombaan antar kelompok pun dimulai dan yang dimenangkan oleh kelompook regu Serigala. Dan itu pun dievaluasi bagaimana enggak jadi bentuk kaki tiga. Dan kami disuruh makan bersama kembali. Setelah makan kami untukwith game dan kami untuk memulai kegiatannya yang pertama mengumpulkan air sebanyak-banyaknya. “Walah piring plastiknya kan bocor “kata riski. “Ayo cepat, ayo cepat” kata suraman dan kami pun melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu mengumpulkan kelereng pada botol sprit. “Man kamu aja man yang melempar kelerengnya kamu kan yang tinggi” kata Dava. Kelompok kami mengumpulkan paling sedikit. Kami melanjutkan permainan selanjutnya yaitu jarring laba-laba yaitu permainan jangan menyentuh tali raffia.

Dan kelompok kami mencoba kembali, dan hasilnya sangat cepat. Dan kelompok kami melanjutkan permainan selanjutnya yaitu membuat balon meledak, dan kelompok kami meledakan balon dengan cepat. Kami melanjutkan game selanjutnya yaitu menulis kata “Wonosobo” denga pensil yang dikasih tali dan semuanya harus kebagian dan jangan sampai menyentuh tali yang ada dibawah kita.dan setelah permainan with game kami melanjutkan kegiatan scoting skill yaitukegiatan yang dilakukan dari perwakilan dari sekolah masing-masing ada tiga kegiatan pertama menaksir tinggi tiang, kedua semaphore, ketiga peta panorama, dan saya mengambil peta panorama dan kami disuruh untuk membawa perlengkapan masing-masing dan berkumpul di depan sawah di sana. Dan beberapa puluh menit kemudian kami mendengar suara peluit untuk penutupan kegiatan dan dilaksanakannya upacara penutup. Dan kami melaksanakan upacara penutup dengan baik. Kami pun bersalam-salaman bersama teman-teman yang ada di kwarcab dan kami pun pulang. “Mas saya suda bubar kegiatan” kata di sms saya “ Ya saya lagi siap-siap” kata mas saya. “Ya saya tunggu” jawab saya”. Setelah beberapa menit kemudian saya menunggu “Jar itu kakak kamu? “tanya suraman” Oh ya, sampai ketemu lagi man” kata saya” ya sampai ketemu juga “kata suraman. Dan saya pun pulang ke rumah.