Cerpen Karya Siswa "Baden Powell Day"

5:16 PM
Nama lengkap         : FAJAR ARIF RAMADHANI
Nama panggilan         : FAJAR
Tempat tanggal lahir : Wonosobo, 1 Desember 2000
Hobi         : Bermain musik
Nama orang tua         :
Ayah                         : Margono
Ibu                                 : Watini
Motto                         : Berjalan ke jalan yang lurus
Alamat                      : Gondang Tanggung, Jogoyitnan, Wonosobo RT 009 RW 004
Pesan                         : Janganlah meninggalkan pembelajaran
Kesan                         : Menyenangkan

Baden Powell Day

Pada siang hari aku membayangkan hari Baden Powell Day pada tanggal 22 Februari 2016. Dan harinya pun dipercepat pada tanggal 20 Februari karena tanggal 22 Februari itu hari senin.
Aku berangkat dari rumah menuju sekolahan dengan jalan kaki, setelah beberapa menit kemudian saya tiba di sekolahan. Saya bertemu dengan Ahmad Latief. “Tief kamu lagi rapat osis ya” tanya saya. “iya” jawab latief. “kenapa kamu enggak masuk kelas” tanya saya. “ nanti dulu”  jawab latief. Ge saya punya filem Big Hero Six “tanya saya”. Aku coba nonton dikit aja “tanya latief”. “okey” jawab saya” jark kapan-kapan aku minta filemnya ya” kata latief”. Ya … kalau belum saya hapus itu beruntung buat kamu. Kalau saya sudah hapus filemnya ituu bukan keberuntungan kamu “kata saya”. “Fajar ini ada dua tapi buat kamu sama Diana, nanti berikan Diana ya” kata pak lukman “iya pak nanti kalau Diana sudah datang nanti saya berikan “jawab saya”. Jangan lupa ya” kata pak lukman iya pak makasih ya” jawab saya. Dan Diana pun sampai di sekolahan. “Yan in ada tapi Pramuka dari pak lukman buat kamu” kata saya ?” tanya Diana” iya ini buat kamu terima saja “ kata saya”. Makasih ya jar” jawab Diana. “Tif mana hp saya, saya mau berangkat “kata saya”. Ini jar” jawab latif. Dan kami menuju ke parkiran motor. Pak Anto kamu bawa Diana ya, saya bawa Fajar” kata pak lukman “iya pak” jawab pak Anto. Dan kami pun berangkat menuju Kwarcab.


Setelah sampai di Kwarcab kami kebingungan(tidak ada teman kenalan). “jar ini mau kemana” kata Diana.” Ikuti pak likman aja” jawab saya” dan kami pun masuk ke ruangan untuk meletakkan tas dan perlengkapan yang lain. “kalian sudah tanda tangan belum” tanya pak lukman” belum pak” jawab kami berdua. “ ya sudah tanda tangan duluan di sana” kata pak lukman. “iya pak” jawab kami berdua. Setelah tanda tangan kami keluar ruangan, dan kami disuruh pak lukman untuk mencari teman dan beberapa menit kemudian kami ditinggal oleh pak lukman sama pak anto. “fajar, Diana” kalian cari teman biar bisa akrab, nanti malam pakk anto akan datang, jangan lupa cari teman” kata pak lukman”. “iya pak nanti kami akan cari teman” jawab saya.”
Setelah kami ditinggal, kami kebingungan untuk mencari teman. Saya smsan sama yayan “yan, saya disini seperti kambing congek sendirian” tanya saya”. “Melas timen” jawab yayan. Dan kami berdua ditanya sma SMPN 2 Selomerto. Nama kamu siapa “tanya pramuka putri SMPN 2 Selomerto. “Namaku Diana, nama kamu siapa” tanya Diana” “Namaku Eri” jawab Eri. Aku ditanya sma ketua prmuka SMPN 2 Selomerto. “Nama kamu siapa?” “Namaku Fajar, na nama kamu siapa?” jawab dan tanya saya. “Namaku Shendi” jawab Shendi.

Setelah berkenalan kami diajak untuk foto-foto di depan sawah, dan kami menuju ke tempatnya dan temannya eri ini dari SMPN 2 Selomerto sangat  cerewet sekali. Mas..mas.. mba..mba…ayo foto-foto kata temannya eri. Temannya eri ini namanya lilik. Maaf mba saya enggak suka foto “jawab saya”. Setelah beberapa menit kami berfoto-foto kami mendengar suara peluit menandakan berkumpul untuk upacara pembuka kegiatan. Setelah beberapa menit mengikuti upacara kami segera untuk sholat asar secara berjamaah. Kami disuruh membuat kelompok dan yel-yel kelompok. Setelah itu kami disuruh untuk membuat tenda. “pertama besinya dipasang dulu” kata riski. “Sudah ris” jawab suraman. “Okey..suraman sama barokah kalian pegang ujung besi, dan fajar, dafa, rizki kalian pasangkan tenda di atas. Kata rizki “sudah” jawab dafa “lalu kita pasang tali di depan dan dibelakang lalu disamping-samping” kata rizki. Ini saya bawa deklit taruh dimana”tanya dafa”. Pinter kamu, okey kita angkat tendanya baru kita letakan deklitnya di bawah tenda “ Oke semua” kata suraman. “siap”jawab semuanya.

Setelah membuat tendakami semua disuruh untuk perlengkapan yang kami bawa untuk dibawa masuk di tenda. Kami dipersilakan untuk bersih-bersih untuk shalat magrib berjamaah dan setelah shalat kami disuruh makan malam bersama-sama. Setelah beberapa menit shalat dan kami pun segera makan. “Fajar duduk disitu aja yuk” tanya dafa. “Okey” jawab saya. “Pramuka kaya gini Alhamdulillah makannya lauknya sama ayam goreng” dipikiran saya. “Jar mau mau the enggak” tanya suraman. “Ya enggak apa-apa” jawab saya. “Ini tehnya(sambil membawa the buat saya)” tanya suraman. “Oohh, makasih ya” jawab saya. “Sama-sama” kata suraman.

Dan kami setelah makan bersama kami bermain hp sebentar dan kami untuk berkumpul dengan pembelajaran melatih kepemimpinan. Setelah beberapa puluh menit kemudian kami disuruh berkumpul ditengah-tengah lapangan “dan jangan lupa membawa matras kalian untuk duduk” kata kakak. “Dava ambill punya kamu sama rizal yang deket biar enggak kesusahan” kata suraman. “Oke ma” jawab Dava. Setelah dava sama rizal mengambil matras kami duduk bersma-sama dan apinya pun menyala “ayo kita nyanyi bersama nyanyi api unggun”  kata kakak.
Api Api Api Api Api
Api kita sudah menyala
Api Api Api Api Api
Api kita sudah menyala
“Oke kalian boleh duduk dan ambil cemilannya satu orang satu. Jangan melihat dari segi harganya tapi dilihat kegunaannya” kata kakak. “Iya kak” jawab bersama-sama. Setelah beberapa puluh menit kemudian kami dipersilakan uuntuk tidur. Setelah itu safii sms. “Jar kamu dimana” tanya safii. “Saya didalam” jawab saya. “Jar kamu keluar tah” tanya safii. “Enggak boleh keluar kata kakak” jawab saya. “Lah gari keluar aja kak repot” tanya safii. “Ya…” jawab saya. Saya punkeluar untuk menemui safii. “I kamu dimana” tanya saya. “Saya dikiri kamu dan lihat ada sepeda motor yang terparkir” jawab safii. “Ya tak kesitu” kata saya. “Iya” jawab safii. Saya pun menghampiri safii “Ada apa if” tanya saya. “Apik enggak kegiatannya” tanya safii. “Ya apik donk. Sambil cari cewekk kalauada yang mau” jawab saya. “Ge ya pelantikan dewan kira-kira tanggal berapa” tanya saya. “Saya enggak tau, nanti kita tanya pak lukman sama pak piter untuk pelantikannya” jawab safii. “Ya kamu darimana if” tanya saya. “Saya baru saja pulang karate” jawab safii. “Ooo” jawab saya. “Y awes ya saya pulang dulu ya sudah malam, semangat ya, jangan luoa titip salam buat Diana, andriyani ya jangan lupa” kata safii. “Ya tak sampaikan salam buat Diana” jawab saya.

Setelah saya berbicara dengan safii saya masuk ke tenda untuk ganti pakaian dan menggunakan jaket dan tidur.” Mau jajan enggak sama saya” tanya barokah. Barokah ini perilakunya seperti Muhammad nur muhaimin di kelas saya. “Saya enggak” jawab saya. “ya tunggu saya ambil uang dulu” jawab dava dan rizal. “man kamu tau SKU” tanya saya. Enggak apa si? Jawab suraman. “Itu syarat kecakapan umum” kata saya. Saya baru tau” jawab suraman”. Ya kamu dapat V2 darimana” tanya saya”. Saya dikasih sma guru” jawab suraman. “oooh” jawab saya. Jar besok jadwalnya apa?” tanya suraman”. “Nah ini jadwalnya ditempelin di atas tenda” jawab saya”. Saya tidur dulu ya. Setelah beberapa  menit kemudian kami berkumpul bersama di tenda. Setelah kami hampir tidur. “ Ge ge saya mau pindah dong di sini banyak semutnya. Kata dafa. Dava pun mempersempit tidur kami, beberapa saat kemudian kami pun tertidur. Saya terbangun karena terlalu sempit akhirnya saya pindah ke tempat tidur yang seharusnya ditiduri dafa. Dan saya pun tertidur kembali. Pada jam 00.00 mbak saya menelpon saya, dan saya terbangun saya membuka hp saya “wah ada yang menelpon siapa ya?”kata di hati saya, 00.00 mbak umi, wah sampai 7 panggilan tak terjawab ada apa ya?”kata dihati saya lalu saya sms mba saya “mba ada apa?” Tanya saya. Beberapa menit mba saya nelpon saya. Ada apa mba? Tanya sya. “kamu dimana” tanya mba saya. Ta kamu dimana? Tanya mba saya. Sya lagi kwarcab” jawab sya”. Ya kamu bisa pulang enggak? Tanya mba saya. “Ada apa ci? Tanya sya. “Nenek meninggal” jawab mba saya. Innalillahi wainna ilaihi rojingun “jawab saya. “ya kamu bisa pulang enggak” tanya mba saya. “ya bagaimana ya mba saya ci…inginnya pulang tapi bagaimana saya sudah diutus dari sekolahan untuk mewakili sekolahan “jawab saya”. “ya kamu telpon guru Pembina pramuka” tanya mba saya”. “Ya bagaimana ya mba ini kan sudah jam 12 malam lebih ya guru pembina pramuka ya sudah tidur ya saya enggak enak” kata saya”. “Ya sudah kamu jangan kepikiran aneh-aneh kamu jalani saja pramukanya biasa saja, masalah ini enggak dipikir nemen-nemen okey “kata mba saya. “ya mba” jawab saya. “ya sudah wassalamualaikum” kata mba saya. “waalaikumsalam” kata saya.

Dan saya melihat pemberitahuan di hp saya jaringan wifi terbuka lalu saya klik berbunyi alarm terdapat di wifi itu. Lalu saya mematikan wifinya saya kembali tidur.
Saya terbangun jam 03.30 lalu saya membangunkan shendi untuk mengajak ke kamar mandi untuk mandi. “Sen…sen..bangun” kata saya. “eh…eh…eh…apa jar “jawab shendi”. Ayo mandi biar tidak antri” kata saya”. “ya…” jawab shendi. Nanti dulu saya mau ambil sabun dulu “kata saya”. Ya saya mau ambil handuk dulu” kata shendi”. Dan kami pun berjalan menuju wc. Kamar mandi perempuan yang mana? “tanya saya” ya saya enggak tau” jawab shendi. Shendi pun mengetuk pintunya tok tok tok, masi lama enggak?” tanya shendi” enggak ini saya mau pakai kerudung” kata si mba-mba didalam wc” “ya saya tunggu” jawab shendi. Dan beberapa menit kemudian mba-mba itu pun keluar. Dan rizal pun datang untuk mandi. “Aku dulu” kata rizal” aku sudah kebelet “kata shendi” ya sudah kamu duluan” kata rizal” dan shendi pun masuk dan beberapa menit kemudian shendi pun keluar dari wc.. “Aku dulu” kata rizal” aku dulu”kata saya” dan akhirnya kami masuk bersama-sama dan pintunya ditutup. “kamu duluan mandinya zal” kata saya”. “Ya “ jawab rizal. Setelah rizal mandi saya pun mandi. “Jar titip sikat giginya ya” kata rizal” ya “jawab saya”. Setelah beberapa menit saya mandi dan ambil air wudhu saya pun keluar kamar mandi dan setelahnya shalat subuh berjamaah. Setelah shalat berjamaah kami disuruh untuk ganti pakaian olahraga untuk senam dan kegiatan selanjutnya. Dan kami dikumpulkan semuanya untuk senam pagi judulnya.

Senam pramuka dan famire. Setelah beberapa menit kami senam kami dikumpulkan kembali untuk membuat yel-yel yang sudah disiapkan oleh kakak-kakak. “oke kalian membuat yel-yel yang sudah disiapkan oke yang pertama sampai akhir “kata kakak”. “Oke” jawab bersama-sama. 1 2 3 “kata kakak. Dan pertandingannya mengasikkan, menyenangkan, mengoyolkan, dan lain-lainnya. Sangat menyenangkan dan setelah membuat yel-yel kami setiap sekolahan maju ke depan untuk menampilkan yel-yel dan yang maju cuma SMPN1 Kertek. Dan setelah membuat yel-yel dan menampilkan yel-yel. Kami pun dikumpulkan kembali untuk membuat seperti kaki tiga. “Oke kalian membuat kaki tiga selama 30 menit itu lebih dari cukup untuk membuat kaki tiga. Peralatannya ambil di sana okey, 1 2 3 “ kata kakak”. Dan perlombaan antar kelompok pun dimulai dan yang dimenangkan oleh kelompook regu Serigala. Dan itu pun dievaluasi bagaimana enggak jadi bentuk kaki tiga. Dan kami disuruh makan bersama kembali. Setelah makan kami untukwith game dan kami untuk memulai kegiatannya yang pertama mengumpulkan air sebanyak-banyaknya. “Walah piring plastiknya kan bocor “kata riski. “Ayo cepat, ayo cepat” kata suraman dan kami pun melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu mengumpulkan kelereng pada botol sprit. “Man kamu aja man yang melempar kelerengnya kamu kan yang tinggi” kata Dava. Kelompok kami mengumpulkan paling sedikit. Kami melanjutkan permainan selanjutnya yaitu jarring laba-laba yaitu permainan jangan menyentuh tali raffia.

Dan kelompok kami mencoba kembali, dan hasilnya sangat cepat. Dan kelompok kami melanjutkan permainan selanjutnya yaitu membuat balon meledak, dan kelompok kami meledakan balon dengan cepat. Kami melanjutkan game selanjutnya yaitu menulis kata “Wonosobo” denga pensil yang dikasih tali dan semuanya harus kebagian dan jangan sampai menyentuh tali yang ada dibawah kita.dan setelah permainan with game kami melanjutkan kegiatan scoting skill yaitukegiatan yang dilakukan dari perwakilan dari sekolah masing-masing ada tiga kegiatan pertama menaksir tinggi tiang, kedua semaphore, ketiga peta panorama, dan saya mengambil peta panorama dan kami disuruh untuk membawa perlengkapan masing-masing dan berkumpul di depan sawah di sana. Dan beberapa puluh menit kemudian kami mendengar suara peluit untuk penutupan kegiatan dan dilaksanakannya upacara penutup. Dan kami melaksanakan upacara penutup dengan baik. Kami pun bersalam-salaman bersama teman-teman yang ada di kwarcab dan kami pun pulang. “Mas saya suda bubar kegiatan” kata di sms saya “ Ya saya lagi siap-siap” kata mas saya. “Ya saya tunggu” jawab saya”. Setelah beberapa menit kemudian saya menunggu “Jar itu kakak kamu? “tanya suraman” Oh ya, sampai ketemu lagi man” kata saya” ya sampai ketemu juga “kata suraman. Dan saya pun pulang ke rumah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »