Hari Guru Nasional Petugas Upacara dilakukan Oleh Guru - guru

10:12 PM
Pada tanggal 25 November kemarin. Bangsa Indonesia menggelar puncak peringatan Hari Guru Nasional. Dan seperti biasa di sejumlah intansi pemerintah dan sekolah biasanya akan menggelar upacara bendera bertemakan Hari Guru Nasional. Seperti yang dilakukan Keluarga besar MTs N Wonosobo yang di gelar pada hari Jum’at 25 November 2016. Petugas upacara yang dilakukan oleh para Guru menjadikan suasana Uacara semakin hidmat.


Setiap tanggal 25 November kita pastinya akan memperingati Hari Guru Nasional . Dan tentunya ada beragam cara yang bisa di lakukan seperti melakukan upacara bedera bertemakan Hari Guru , lomba baca puisi ataupun lomba pidato yang juga bertemakan hari guru. Seperti yang disampaikan Ibu Kepada Madrasah Ibu. Hj. Ratna Ayu Kartika Wulan, beliau menyampaikan kepada Peserta didik untuk meningkatkan belajar, disiplin dalam mentaati peraturan yang ada di Madrasah.

Selain itu kita juga bisa memberikan ucapan secara langsung maupun tertulis sebagai bentuk penghormatan atas jasa jasa para guru yang telah mendidik kita dengan berbagai ilmu sejak kita masih kecil. Tidak lupa ternyata Guru-guru MTs N Wonosobo dikejutkan dengan pemberian Tumbeng dari sebagian Siswakelas 9. Dengan keperdulian mereka terhadap para Guru Madrasah.


Mungkin sebagian dari Kita belum tahu sejarah kenapa diperingati Hari Guru Nasional, untuk itu silahkan anda simak sejarah singkat Peringatan Hari Guru Nasional.

Perkumpulan guru sejak pemerintahan Belanda

Ternyata Hari Guru Nasional ini sudah dicetuskan sejak tahun 1994 lalu dengan tertulisnya keputusan presiden, yaitu Kepres No. 78 Tahun 1994 dan juga ditulis di UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang menetapkan tanggal 25 November merupakan hari guru nasional yang diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI. Hari Guru Nasional ini diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya namun sayangnya pada hari itu nggak ada peringatan khusus di hari penting ini. Maka dari itu, wajar aja kalau banyak orang yang belum tahu banyak tentang hari nasional ini. Nama perkumpulan guru sebenarnya sudah ada sejak jaman pemerintahan Belanda, yang diberi nama dengan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Perkumpulan ini beranggotakan guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan lainnya. Lalu, karena para guru sangat ingin sekali mendirikan negara sendiri, mereka mengubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932.

Terbentuknya Persatuan Guru Indonesia

Lalu, hari guru ini tercetus sejak 2 bulan setelah kemerdekaan Indonesia, yakni tanggal 24 sampai 25 November 1945. Para guru membentuk kongres guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia di kota Surakarta. Kongres ini merupakan tempat berkumpulnya para guru yang berjuang mempertahankan pendidikan di Indonesia ditengah penjajahan. Mereka adalah guru yang masih aktif mengajar, pensiunan para pejuang, pegawai pendidikan dan lainnya.

Tercetusnya Hari Guru Nasional

Lalu, pada tanggal 25 November 1945 mereka menyebutnya dengan nama PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. Sayangnya, belum ada keputusan resmi dari para pemerintah saat itu untuk menjadikan sebagai hari resmi nasional. Hingga pada tahun 1994, di situs resmi PGRI ini tercetuslah hari guru nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November. Tercetusnya hari guru ini karena untuk mengenang jasa dan perjuangan para guru memperjuangkan pendidikan rakyat Indonesia dan kemerdekaan Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »