Program Perpustakaan MTs N Wonosobo 2016 / 2017

7:21 PM

Program perpustakaan Madrasah merupakan sebuah bentuk laporan program yang berisikan mengenai visi misi perpustakaan Madrasah hingga rencana kegiatan perpustakaan Madrasah tersebut dalam kurun waktu satu tahun pelajaran. Berikut adalah contoh program perpustakaan MTs N Wonosobo untuk tahun pelajaran 2016 / 2017.

A.     PENDAHULUAN

Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi Madrasah. Semua pihak, khususnya kepala Madrasah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di Madrasah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik, padahal di negara maju perpustakaan Madrasah menjadi pusat guna mendukung aktivitas belajar mengajar yang begitu dimanfaatkan oleh para warga Madrasahnya dengan sangat optimal, hal tersebut berbeda dengan kondisi di negara kita Indonesia.

Dari berbagai sudut pemikiran di atas, Perpustakaan MTs N Wonosobo berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan Madrasah untuk mendukung program dan visi misi Madrasah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan Madrasah sebagai pusat pengetahuan (center of knowledge) dapat terealisasi secara optimal.

Perpustakaan Madrasah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah Madrasah, dikelola sepenuhnya oleh Madrasah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu Madrasah untuk mencapai tujuan khusus Madrasah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di Madrasah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di Madrasah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi Madrasah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan Madrasah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat  dan cepat sehingga fungsi perpustakaan Madrasah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang pengelola perpustakaan yang memiliki pendidikan khusus perpustakaan masih sangat kurang, sehingga belum terwujudnya profesionalisme perpustakaan. Untuk itu perpustakaan Madrasah perlu ditunjang oleh manajemen perpustakaan yang baik, guna mewujudkan manajemen yang baik maka diperlukan program kerja terarah yang nantinya dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja perpustakaan MTs N Wonosobo.

B. TUJUAN PROGRAM PERPUSTAKAAN

1. Tujuan Umum

Memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja perpustakaan untuk menjadi perpustakaan Madrasah yang mampu mendukung visi dan misi Madrasah secara umum serta sumber belajar warga Madrasah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di Madrasah.  Serta menjadi perpustakaan Madrasah berbasis Otomasi Perpustakaan terdepan di  Madrasah Wonosobo serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga Madrasah guna mendukung kegitan belajar mengajar.

`2. Tujuan Khusus

Ø  Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sektor kehidupan.
Ø  Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi.
Ø  Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna.
Ø  Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri.
Ø  Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa.
Ø  Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif.
Ø  Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri.
3. Tujuan Strategi

Ø  Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis Otomasi Perpustakaan.
Ø  Merintis E-Library untuk wider accesing informasi & IPTEK.
Ø  Mewujudkan qualitas dan quanitas buku bacaan dan referensi.
Ø  Melayani semua warga Madrasah dengan layanan prima.
Ø  Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel.

C. PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN MADRASAH

Rencana kerja perpustakaan Madrasah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan Madrasah, tujuan institusi, visi dan misi Madrasah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

C.1.  PROGRAM JANGKA PENDEK

Ø  Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum Madrasah;
Ø  Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
Ø  Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu shingga memudahkan penggunaannya;
Ø  Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
Ø  Meningkatkan minat baca murid, guru, dan staf tata laksana;
Ø  Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan;
Ø  Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;
Ø  Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
Ø  Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
Ø  Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll;
Ø  Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
Ø  Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
Ø  Pelayanan peminjaman buku perpustakaan;
Ø  Penerbitan Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah;
Ø  Mengikuti beberapa lomba perpustakaan Madrasah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.

C.2.  PROGRAM JANGKA PANJANG

Ø  Menerapkan system layanan perpustakaan berbasis Otomasi Perpustakaan;
Ø  Menerapkan E-Library learning;
Ø  Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 1.500 judul dengan 15.000 eks pada tahun 2016.
Ø  Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.



D. RENCANA KERJA / PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN MADRASAH

Rencana Program Pengelola Perpustakaan Dari Bulan Juli 2016 sampai dengan Juni 2017:

No.

Jenis Program

Jenis Kegiatan

Waktu Kegiatan

Ket


1
Pengadaan
koleksi dan fasilitas perpustakaan.

1.1         Mengelola dan merencanakan anggaran dana untuk pengadaan bahan pustaka maupun pengadaan fasilitas perpustakaan.
1.2         Menyediakan, mengadakan dan menghimpun bahan pustaka dalam berbagai bentuk yang disesuaikan
dengan kurikulum pendidikan.
1.3         Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan untuk memberikan kenyamanan bagi pembaca dan kemudahan dalam melaksanakan pelayanan perpustakaan
Juli
2016/2017




2
Pengolahan
Bahan Pustaka Tahap I

2.1        Menginventarisasi bahan pustaka ke dalam buku induk.
2.2        Memberi stempel identitas atau cap kepemilikan pada bahan pustaka
2.3        Melakukan klasifikasi bahan pustaka.
2.4        Melakukan katalogisasi bahan pustaka
Agustus
s/d September 2016/2017




3
Pengolahan
Bahan Pustaka Tahap II





3.1         Memberi label Call Number pada setiap bahan pustaka.
3.2         Pemberian selip buku ataupun kantung buku pada setiap bahan pustaka.
Oktober
s/d November 2016/2016





4
Perawatan
dan pemeliharaan bahan pustaka.

4.1         Memberikan sampul buku terutama bagi bahan koleksi referensi yang bernilai informasi tinggi.
4.2         Melakukan penjilidan kembali terhadap buku-buku yang dinilai telah rapuh.
Juli 2015/2016
 s/d Desember 2016/2017 Kegiatan Rutin




5
Sirkulasi
Bahan Pustaka

5.1         Melayani peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.
Juli 2015/2016
s/d Desember 2016/2017 Kegiatan Rutin




6
Pemberian
Layanan Prima Bagi Para Pembaca

6.1         Melayani pembuatan kartu anggota bagi calon anggota ataupun bagi anggota yang ingin memperpanjang keanggotaannya.
6.2         Melayani pembaca dengan senyum dan ramah untuk memberikan kenyamanan bagi para pembaca.
6.3         Memberikan layanan referensi atau layanan pendidikan pemakaian maupun pemanfaatan bahan pustaka yang berkualitas.
Juli
2015/2016 s/d Desember 2016/2017
Kegiatan
Rutin




7
Peningkatan
Minat Baca Bagi Warga Madrasah.

7.1         Menumbuhkan minat baca di kalangan siswa pada khususnya dan warga Madrasah pada umumnya dengan menyediakan beragam koleksi yang berkualitas dan digemari oleh para pembaca.
Juli
2015/2016 s/d Desember 2016/2017
Kegiatan
Rutin




8
Pemeliharaan
Fasilitas Perpustakaan

8.1         Memelihara dan merawat fasilitas perpustakaan seperti kursi, meja, rak dll
8.2         Menata ruangan perpustakaan agar memberikan kenyamanan bagi para pembaca.
Juli
2015/2016 s/d Desember 2016/2017
Kegiatan
Rutin




9
Pembagian
dan pengembalian Buku Paket

9.1         Melakukan pembagian buku paket sesuai dengan jumlah siswa yang ditentukan.
Juli
2016/2017




10
Promosi
Perpustakaan

10.1      Mempromosikan bahan pustaka terutama bahan pustaka baru kepada para pembaca baik itu para siswa maupun warga Madrasah lainnya. Juli 2015/2016 s/d Desember 2016/2017
Kegiatan
Rutin




11
Pengikutsertaan
Perpustakaan Madrasah Dalam Berbagai Lomba

11.1      Mengikutsertakan perpustakaan MTs N Wonosobo dalam berbagai lomba yang berhubungan dengan perpustakaan dan minat baca, apabila memungkinkan.
Juli
2015/2016 s/d Desember 2016/2017




12
Pengadaan
koleksi dan fasilitas perpustakaan.

12.1      Mengelola dan merencanakan anggaran dana untuk pengadaan bahan pustaka maupun pengadaan fasilitas perpustakaan.
12.2      Menyediakan, mengadakan dan menghimpun bahan pustaka dalam berbagai bentuk yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan.
12.3      Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan untuk memberikan kenyamanan bagi pembaca dan kemudahan dalam melaksanakan pelayanan perpustakaan Januari 2016





13
Pengolahan
Bahan Pustaka Tahap I

13.1       Menginventarisasi bahan pustaka ke dalam buku induk.
13.2       Memberi stempel identitas atau cap kepemilikan pada bahan pustaka
13.3       Melakukan klasifikasi bahan pustaka.
13.4       Melakukan katalogisasi bahan pustaka
Februari
s/d Maret 2016




14
Pengolahan
Bahan Pustaka Tahap II

14.1      Memberi label Call Number pada setiap bahan pustaka.
14.2      Pemberian selip buku ataupun kantung buku pada setiap bahan pustaka.
April
s/d Mei 2016




15
Perawatan
& pemeliharaan bahan pustaka.

15.1      Memberikan sampul buku terutama bagi bahan koleksi referensi yang bernilai informasi tinggi.
15.2      Melakukan penjilidan kembali terhadap buku-buku yang dinilai telah rapuh.
Januari
2015 s/d Juni 2016
Kegiatan
Rutin




16
Sirkulasi
Bahan Pustaka

16.1      Melayani peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.
Januari
2015 s/d Juni 2016
Kegiatan
Rutin




17
Pemberian
Layanan Prima Bagi Para Pembaca

17.1      Melayani pembuatan kartu anggota bagi calon anggota atau pun bagi anggota yang ingin memperpanjang keanggotaannya.
17.2     Melayani pembaca dengan senyum dan ramah untuk memberikan kenyamanan bagi para pembaca.
17.3     Memberikan layanan referensi atau layanan pendidikan pemakaian maupun pemanfaatan bahan pustaka yang berkualitas.

Januari
2015 s/d Juni 2016

Kegiatan
Rutin




18
Peningkatan
Minat Baca Bagi Warga Madrasah.

18.1      Menumbuhkan minat baca di kalangan siswa pada khususnya dan warga Madrasah pada umumnya dengan menyediakan beragam koleksi yang berkualitas dan digemari oleh para pembaca.
Januari
2015 s/d Juni 2016
Kegiatan
Rutin




19
Pemeliharaan
Fasilitas Perpustakaan

19.1     Memelihara dan merawat fasilitas perpustakaan seperti kursi, meja, rak dll
19.2     Menata ruangan perpustakaan agar memberikan kenyamanan bagi para pembaca.
Januari
2015 s/d Juni 2016
Kegiatan
Rutin




20
Pembagian
dan pengembalian Buku Paket

20.1     Melakukan pengumpulan dan pengecekan buku paket yang dikembalikan oleh  siswa.
Juni
2016





21
Promosi
Perpustakaan

21.1     Mempromosikan bahan pustaka terutama bahan pustaka baru kepada para pembaca baik itu para siswa maupun warga Madrasah lainnya.
Januari
2015 s/d Juni 2016
Kegiatan
Rutin




22
Pengikutsertaan
Perpustakaan Madrasah Dalam Berbagai Lomba

22.1      Mengikutsertakan perpustakaan MTs N Wonosobo dalam berbagai lomba yang berhubungan dengan perpustakaan dan minat baca, apabila memungkinkan.
Januari
2015 s/d Juni 2016




D.1. Implementasi Program Secara Terperinci

1. Program Jangka Pendek

1)      Pengadaan Koleksi Bahan Pustaka

Pengadaan bahan pustaka merupakan kegiatan mengadakan bahan pustaka baik itu yang berupa buku, koran, majalah dan sebagainya. Kegiatan ini bertujuan untuk melengkapi jumlah koleksi bahan pustaka bagi para pengguna perpustakaan. Tentu saja bahan pustaka yang diadakan adalah bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum pada saat itu. Dengan tersedianya bahan koleksi pustaka yang tepat, dan dengan jumlah yang cukup diharapkan dapat meningkatkan intensitas kunjungan para pengguna perpustakaan, utamanya di sini adalah para siswa.

2)      Pengolahan Koleksi Bahan Pustaka
Pengolahan merupakan suatu kegiatan kepustakaan yang meliputi kegiatan inventaris bahan pustaka, klasifikasi bahan pustaka, katalogisasi sampai pada tahap penyusunannya di rak. Kegiatan ini bertujuan agar bahan pustaka yang baru diadakan, baik itu yang berupa buku, majalah, koran dan lain sebagainya berdaya guna bagi pemakai. Tahapan kegiatan pengolahan bahan pustaka meliputi:

·         Pendaftaran koleksi buku ke buku induk
Kegiatan pada tahap yaitu melakukan administrasi penerimaan buku, hal ini bertujuan agar buku atau bahan pustaka yang diterima memiliki identitas sebagai milik dari perpustakaan MTs N Wonosobo maka dari itu dilakukan pemberian nomor induk dan pencatatan bahan pustaka ke dalam buku induk/ buku inventaris.

·         Pemberian stempel buku/ stempel identitas/ stempel inventaris
Setelah buku didata ke dalam buku induk maka bahan pustaka diberi atau dibubuhi cap/stempel milik MTs N Wonosobo. Stempel di sini ada dua, yaitu stempel inventaris dan stempel identitas yang berfungsi untuk menyatakan bahwa bahan pustaka tersebut milik Perpustakaan MTs N Wonosobo.

·         Pemberian nomor klasifikasi
Klasifikasi adalah proses menentukan nomor klas yang sesuai dengan subyek daripada bahan pustaka. Dalam proses klasifikasi ini digunakan buku panduan yaitu Daftar Tajuk Subyek Untuk Perpustakaan. Klasifikasi adalah proses yang sangat penting dan memerlukan kemampuan intelektual, karena di sini lah ditentukan pada subyek apa suatu bahan pustaka ditentukan secara akurat dan konsisten.

·         Katalogisasi
Dalam katalogisasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :
Menentukan tajuk
Yang dimaksud tajuk adalah suatu nama, kata istilah, yang ditempatkan sebagai kepala pada uraian katalog. Tajuk pada umumnya dapat berupa nama pengarang, nama badan/korporasi, judul buku dan sebagainya.

·         Membuat deskripsi bibliografi
Yaitu membuat satu set data bibliografi yang mencatat suatu bahan pustaka (mulai dari bidang judul sampai pada jejakan).

·         Menentukan nomor panggil (Call Number)
Yaitu memberi nomor klasifikasi, 3 huruf pengarang yang telah disempurnakan (huruf pertama memakai huruf besar, sedangkan huruf kedua dan ketiga memakai huruf kecil), dan satu huruf kecil dari judul pustaka.

·         Labeling
Labeling di sini adalah pemberian label call number pada bahan pustaka, tidak hanya call number, selip buku, dan lidah buku pun pada tahap ini harus sudah tertempel pada bahan pustaka.

·         Filling katalog
Filling katalog di sini adalah proses penempatan kartu katalog pada laci katalog.

·         Penyampulan buku
Penyampulan bahan pustaka yang berupa buku bertujuan agar menjaga agar buku terhindar dari debu, dan melindungi sampul agar kondisi buku selalu baik sehingga pengguna merasa nyaman dan senang membaca buku tersebut.

·         Shelving (pengaturan buku di rak)
Bahan pustaka yang telah diolah kemudian ditaruh di rak masing-masing yang sesuaikan dengan subyek buku, hal ini dilakukan untuk mempermudah proses temu kembali bahan pustaka tersebut.

·         Sirkulasi Bahan Pustaka
Sirkulasi bahan pustaka ini adalah kegiatan rutin yang diadakan di perpustakaan. Sirkulasi ini merupakan kegiatan keluar dan masuknya bahan pustaka, atau dalam bidang perpustakaan disebut proses peminjaman dan pengembalian bahan koleksi bahan pustaka.

·         Perawatan dan Pemeliharaan Bahan Koleksi Pustaka
Perawatan bahan pustaka sangat penting dilakukan, program ini bertujuan untuk lebih membuat bahan pustaka berdaya guna terutama bagi bahan pustaka yang sudah mengalami pelapukan yang diakibatkan oleh berbagai faktor, bisa karena penggunaan yang tidak benar, faktor usia daripada bahan pustaka maupun faktor alam seperti debu, kemudian faktor binatang juga. Kerusakan buku yang banyak dialami adalah rusaknya jilid buku, lepasnya sampul buku, dan untuk kerusakan seperti tersebut akan ditangani dengan pemberian sampul yang baru dan memperkuat jilid buku dengan pemberian kacip tambahan.

·         Pemberian Layanan Prima Kepada Para Pembaca
Pemberian layanan prima yang dimaksudkan adalah bagaimana para staf perpustakaan mampu memberikan layanan terbaik mereka bagi para pengguna perpustakaan, hal ini ditujukan untuk memberikan image positif perpustakaan MTs N Wonosobo kepada para pengguna perpustakaan. Dengan terbentuknya image positif ini diharapkan para pengguna perpustakaan utamanya para siswa tidak segan untuk berkunjung ke perpustakaan.

·         Pemeliharaan fasilitas perpustakaan
Sama halnya dengan bahan pustaka, sarana dan prasarana di perpustakaan perlu diperhatikan keberadaanya, jangan hanya memakai saja tanpa memeliharanya karena kenyamanan pembaca juga bergantung dari fasilitas perpustakaan yang disediakan. Perawatan dan pemeliharaan ini juga bermanfaat agar kondisinya tetap baik sehingga dapat menghemat anggaran untuk pengadaan inventaris barang.

·         Pembagian dan pengembalian buku paket
Pembagian buku paket bagi sejumlah kelas dan siswa dimaksudkan untuk membantu siswa memperoleh referensi dalam proses belajar dan mengajar, selain itu pembagian buku paket ini dapat meringankan beban siswa serta orang tua siswa untuk membeli buku pelajaran.

·         Promosi Perpustakaan
Dalam perjalanan perpustakaan ke depan promosi bahan pustaka baik yang baru maupun yang lama sangat perlu untuk diperhatikan. Promosi ini selain dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke perpustakaan juga dapat menumbuhkan minat baca bagi warga Madrasah dengan pengenalan bahan pustaka yang berkualitas.

·         Mengikutsertakan Perpustakaan dalam Berbagai Lomba
Untuk meningkatkan kredibilitas perpustakaan MTs N Wonosobo maka pencarian berbagai informasi seputar kegiatan lomba perpustakaan akan lebih dimaksimalkan, hal ini untuk dapat mengikutsertakan perpustakaan ke dalam berbagai macam lomba yang berhubungan dengan perpustakaan, baik itu lomba di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun di tingkat nasional.

2. Program Jangka Panjang

Merealisasikan kualitas dan kuantitas buku minimal 4.000 judul dengan 6.000 eksemplar pada tahun 2016. Bahan pustaka yang baik tentunya merupakan bahan pustaka yang memiliki nilai kualitas yang baik dengan kuantitas yang memadai bagi jumlah pengguna perpustakaan, untuk itu pengadaan bahan pustaka yang berkualitas dan dengan kuantitas yang cukup perlu dilakukan untuk program perpustakaan seterusnya, karena itu hal tersebut termasuk ke dalam program perpustakaan jangka panjang.

Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan
Guna memberikan kenyamanan bagi para pembaca di perpustakaan, maka perlu sekali ditunjang dengan sarana dan prasarana yang mampu mendukung suasana yang baik, untuk itu untuk program ke depan agar dioptimalkan masalah pengadaan fasilitas perpustakaan. Dengan terpenuhinya sarana maupun prasarana tersebut maka pembaca ataupun pengguna perpustakaan dapat nyaman membaca dan melakukan aktivitas peminjaman maupun pengembalian bahan pustaka. Selain itu dengan fasilitas yang memadai akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan pengguna perpustakaan yang datang.
Meningkatkan minat baca para siswa dengan memberikan bahan pustaka yang berkualitas dan sesuai dengan kurikulum siswa.
Minat baca adalah satu hal yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan di dunia pendidikan. Perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya proses peningkatan minat baca bagi masyarakat, terutama di sini bagi anak-anak. Hal tersebut dikarenakan proses penumbuhan minat baca itu sendiri dimulai dari masa anak-anak. Peran perpustakaan Madrasah di sini adalah dengan menyediakan berbagasi sumber bahan pustaka yang berkualitas dan dapat dimanfaatkan oleh siswa secara efektif.

E. JENIS-JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN

1. Peminjaman berbagai jenis buku pelajaran, referensi, sastra, majalah, dll.
2. Multimedia (TV, VCD/DVD, Infokus, dll )
3. Pemutaran Film-film/CD/DVD pembelajaran.

F. STRUKTUR PENGELOLA PERPUSTAKAAN

1. Penanggungjawab               : Dra. Hj. Ratna Ayu Kartika Wulan, MM. Pd
   (Kepala MTs N Wonosobo )
2. Kepala Perpustakaan           : Muhamad Hanif Dh, S. Pd
3. Bag. E-Literacy                   :  Muhamad Hanif Dh, S. Pd
4. Bag. Teknis                         :  Anifah Restiani, S. Pd
5. Bag. Layanan/Sirkulasi       :  Anifah Restiani, S. Pd

G. PENUTUP

Program kerja perpustakaan ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan perpustakaan MTs N Wonosobo. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Karenanya, diharapkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat.


Mengetahui,
Kepala MTs N Wonosobo



Nama Kepala Madrasah
NIP. 

Wonosobo,      Juli  2016
Kepala Perpustakaan



Nama Kepala Perpustakaan
NIP. 



Source:

  • program perpustakaan pascal
  • program perpustakaan smk
  • program perpustakaan digital
  • program perpustakaan berbasis web
  • program perpustakaan delphi
  • program perpustakaan 2016
  • program perpustakaan dengan netbeans
  • program perpustakaan dengan visual basic
  • program perpustakaan anak
  • program perpustakaan access



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »