Pemanfaatan Sampah Kertas Menjadi Kerajinan Bernilai Ekonomis

4:51 AM Add Comment
Pemanfaatan Sampah Kertas Menjadi Kerajinan Bernilai Ekonomis - Bertambahnyajumlahmanusiaberdampakpadasemakinmeningkatnyajumlahkebutuhanmanusiaitusendiriakansegalasesuatudiantaranyabarangkebutuhan primer, sekunder, ataupuntersier. Dalamhalpenyediaansegalamacamkebutuhantersebuttidakbisalepasdaripengemasansertabahan-bahan yang digunakandalampenyajiannya. Akan Tetapi proses tidakberhentisampaidisitusajanamunadadampak yang patutmenjadiperhatiankitasemuakarenabisamemberikandampak yang sangatbesarkepadamanusiaitusendiriyaituberupasisaatausampahdari proses penyediaansegalabarangkebutuhantadi.

Sampahitusendiridapatdiartikansebagai material sisa yang tidakdiinginkansetelahberakhirknyasuatu proses (Wikipedia, 2012). Selanjutyaberdasarkansifatnyasampahjugadikategorikanmenjadiduayaitusampahorganik (degradable) yaitusampah yang mudahmembusuksepertisisamakanan, sayuran, daun-daundansebagainyabahkanbisadiolahmenjadikompos.Jenissampah yang keduayaitusampahanorganik (undegradale) yaitusampah yang tidakmudahmembusukatausangatsukaruntukdiuraikanolehmikroorgnasimesepertisampahplastik, kaleng, kertas, botoldansebagainya.Jenissampah yang pertamayaitusampahorganiktaditidakmemberikandampak yang seriusterhadapmanusiadanlingkungankarenahanyamembutuhkansedikitpengelolaansajaakantetapijenissampah yang keduayaitusampahanorganiksangatmembutuhkanpenanganan yang seriuskarenajikadibiarkantertumpukbegitusajamakatidakdapatdibayangkandampaknyaterhadapmanusiadanlingkungan. Misalkansajasampahplastikkarenaberbahanpolimermakadibutuhkanwaktusampaidengan 500 tahununtukdapatterurai, apajadinyadenganbumikitainijikasampahplastikiniterustertumpukdandibiarkanbegitusaja.

Untukmenanggulangimasalahsampahanorganikiniselainmenggunakansistemdaurulangadasistem lain yang dapatdigunakanyaitudenganmengolahkembalisampah-sampahtersebutmenjadibarang lain yang memilikinilaiekonomis. Ada duahal yang didapatdari proses tersebutyaituadanyausahadalammengurangijumlahsampahanorganikdan yang keduabisamembukalapangankerjamelaluitangan-tangankreatifsehinggamenghasilkankarya-karyabernilaiekonomi.

Pemanfaatan Sampah Kertas Menjadi Kerajinan Bernilai Ekonomis

Salahsatucontohusahapengolahankembalisampahanorganikiniadalahpengolahankertasbekassebagaikerajinanrumahtanggaataumenjadiperabotanrumah yang sangatindah.Berbekalbakat, ide kreatif, dayaimajinasiserta rasa kepedulianterhadaplingkunganiamampumengolahsampah-sampahkertassepertibungkus-bungkusrokok, kotakbekas, kertas cover bukudan lain sebagainyamenjadianyamanberbagaibentuk. Sampahtersebutdapatdisulapmenjadikerajinanberupawadahkueberbentukangsa, guci, keranjangbuah, vas bunga, kotakpermencelengandll.

Olehkarenaselamainiparapengepulkertasbekashanyamengambilataumendaurulangsampah-sampahkertasberukuranbesarsajasepertikardusataukotakbesarlainnyasedangkansisanyasampahkertasberukurankecilpadaakhirnyaakanberujungpada proses pembakaran yang jugamemberikandampakterhadappolusiudara. Setelahbahan-bahanterkumpul proses pengolahaninimulaimengguntingbahankertastadisesuaiukuran. Selanjutnyakertas yang telahdiguntingdilipat, digulungataupundiuntirsesuaidenganmodelnya yang barulahkemudiankertashasildilipatan, digulunganataupundiuntirantersebutdirangkaiataupundianyammenjadibarang-barangatauperabotanrumahtangga yang diinginkan, untukmenambahkekuatanrangkaianatauanyamandapatditahbahkandenganlemkayu.Langkahterakhiryaitu finishing yaitudenganmelapisirangkaiankertasvernisatau pun cat.Setelahdilapisimakadapatdipastikanhasil-hasilkerajinantadidapatbertahan lama.

Pemanfaatan Sampah Kertas Menjadi Kerajinan Bernilai Ekonomis

Selainlimbahkertasdapatdijadikankerajinansepertidiatasdapat pula diolahmenjadibuburkertassebagaibahanpengganti semen ataupun gypsum untukmembuatkerajinanmetodecetak,seperti ;celengan, pigora, topeng, patung, kertasdaurulang, hiasandiding. Untuk proses pengolahanbuburkertas, kertasdipotongkecil-kecilkemudiandirendam air selama 2-4 hari, selanjutnyadiblenderatauditumbukhinggahalus. Setelahmenjadibuburkertasditambahlemkayudapat pula ditambah semen putih agar lebihkuat, barulahsiapkancetakansesuaidengankeinginan.Dalam proses pencetakanbuburkerjatasharusdipadatkan agar mendapatkanhasil yang halusdankuat, kemudianbarulahdikeringkandengansinarmatahari. Proses akhirkerajinanhasilcetak dipoles dengancat agarlebihmenarikdantahan lama. Selamatmencoba.

Tips Cara Pertolongan Orang Kesurupan

7:23 PM Add Comment
AWAS KESURUPAN

Achmad Zudin,S.Ag

Kita sering menjumpai Fenomena kesurupan yang terjadi disekitar kita bahkan ada yang bentuknya masal,dalam kajian ini saya akan mengulas sedikit tentang fenomena kesurupan semoga dapat membuka kesadaran kita bahwa syariat Islam sejatinya dibangun atas dasar Al Qur’an dan Hadits.Peristiwa yang lebih dikenal dengan istilah kesurupan atau kerasukan jin ini acap kali menjadi polemik di tengah masyarakat kita yang heterogen,sehingga sekian persepsi bahkan kontroversi sikap pun bermunculan ke permukaan. Ada yang membenarkan dan ada pula yang mengingkari, ada pula yang menganggapnya sebagai Perbuatan syirik.Yang sangat berbahaya adalah karena hanya ingin dikatakan lebih hebat dan kuat diantara orang lain mereka bermain-main dengan jin dan mereka tidak sadar kalau hal itu dapat membawanya kedalam perbuatan syirik karena kedangkalan terhadap pemahaman agama Islam.

Tips Cara Pertolongan Orang Kesurupan

Kesurupan adalah salah satu kasus gangguan mahluk halus Jin terhadap manusia. Dalam Al Qur’an Allah mengingatkan agar kita waspada terhadap golongan Jin ini, Rasulullah juga mengingatkan bahwa Jin bisa keluar masuk tubuh manusia melalui jalan darah.Jin juga seperti manusia terdiri atas berbagai bangsa, suku, golongan dan kelompok. Ada yang baik ada pula yang buruk, ada yang sholeh , beriman, bertakwa ada pula yang kafir , munafik dan berperilaku buruk. Jin yang sholeh dan baik biasanya tidak suka usil mengganggu manusia, namun Jin kafir dan berperilaku buruk sering mengganggu kehidupan manusia.Di dalam kitab Ash-Shahih dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنِ ابْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ

“Sesungguhnya setan itu dapat berjalan pada tubuh anak cucu Adam melalui aliran darah.” (HR. Al-Bukhari ). Jin juga bisa masuk dan melakukan interfensi terhadap kehidupan manusia oleh beberapa sebab antara lain: Pengaruh keturunan, pengaruh benda pusaka,tanpa sengaja menggangu kediaman Jin,diminta datang dan hadir oleh yang bersangkutan,didatangkan atau dihadirkan oleh pawang atau orang yang ahli. Adapun ciri utama orang yang kerasukan, biasanya orang tersebut tiba-tiba jatuh pingsan, tidak sadar diri, lalu melakukan perbuatan yang tidak wajar seperti teriak-teriak dan menjerit atau berbicara yang tak jelas, meminta sesuatu, atau marah-marah yang tak jelas, matanya bisa sambil tetap tertutup, tapi bisa juga terbelalak melotot menakutkan, bisa juga sambil menangis menjerit-jerit kesakitan, menangis meraung raung, atau menggeram seperti suara harimau, atau bicara seperti nenek- nenek atau kakek-kakek, atau seperti anak kecil, atau seperti perempuan nakal yang merayu-rayu,bila dipukul tidak merasa kesakitan, ada banyak sekali modusnya, tak terhitung. 

Kalau kita sedih, stress, gundah, menolak realitas, capek beraktivitas, bengong, melamun, berpacaran,bertindak asusila dan lain-lain dan yang berbahaya adalah ketika sudah berlebihan (ekstrem) sampai membuat kita kehilangan kontrol diri. Jika keadaan pikiran dan fisik yang terlalu berlebihan itu dialami oleh orang yang jiwanya masih labil, maka sangat mungkin reaksinya adalah disosiasi (kehilangan kesadaran), histeria, kesurupan atau masuknya energi negatif ke dalam dirinya.Orang yang di sekitarnya pun rentan apabila pertahanan jiwanya lemah atau memiliki kondisi kejiwaan yang sama. Seperti kata Prof. Dr. Dadang Hawari, reaksi disosiasi bisa menimpa mereka yang jiwanya labil ditambah dengan kondisi jiwa yang tertekan. Reaksi ini akan menjadi kesurupan massal karena sugesti. Orang yang berpotensi mudah terkena kesurupan bila mana dalam keadaan :

Orang yang merasa terlalu tertekan atau terlalu kosong jiwanya. Terlalu tertekan itu sama bahayanya dengan terlalu kosong (bengong) bagi pikiran manusia,Terlalu tertekan fisik dan mentalnya sehingga terlalu capek,Mereka yang pemalas dan kurang kreatif dalam menghadapi kenyataan hidup atau konflik sehingga mudah merasa menemui jalan buntu atau mudah merasa terkendala,Mereka yang semangat hidupnya lemah, terlalu bergantung pada kekuatan eksternal di luar dirinya sehingga mudah dikontrol oleh kekuatan lain,Mereka yang terlalu mudah cemas, khawatir, atau takut (pesimis) atau yang susah mengendalikan dan mengelola emosi negatif menjadi positif (reaktif),Mereka yang kurang latihan berpikir rasional dalam hidup (kurang berlandasan iman ,taqwa dan amal sholeh),Mereka yang berpacaran sebelum waktunya,bertindak asusila dan suka melanggar aturan.Maka dari itu jika kita menjumpai orang yang memiliki tanda tanda atau gejala seperti tersebut, segera lakukan tindakan pertolongan darurat atau pertama dengan cara :

1. Ajak beberapa orang dewasa yang berani dan kuat untuk menggotong dan membawa sipenderita ketempat yang aman dan nyaman, agar bisa ditidurkan dengan telentang di atas tempat tidur kalau di rumah, atau di rumput kalau di lapangan. Kalau siang hari, bawa keluar ruangan, justru di bawa ketempat yang terkena sorotan sinar matahari langsung ( jin takut sinar matahari langsung).

2. Segera cari sejenis cairan yang bisa merangsang saraf penciuman di hidungnya seperti antara lain: Parfum yang tidak mengandung alkohol, minyak wangi biasa yang agak keras baunya, minyak angin cap Elang, minyak angin cap Kapak, Balsem dan lainya. Segera oleskan di lubang hidungnya agar terhirup dan merangsang saraf penciumannya.

3. Segera kompres kepala di bagian ubun-ubunnya dengan minyak wangi atau minyak angin, atau air es yang dingin untuk merangsang saraf kesadaran di otaknya.

4. Segera lepaskan pakaian, sepatu, arloji, jaket dan sabuk atau jilbab ( yang membuat penderita sesak nafasnya ) dalam batas tak melanggar etika kesopanan dan agama.

5. Jauhkan penderita dari mereka yang iseng menonton (yang membuat penderita tidak nyaman,gerah,kepanasan,sesak nafas ) dan dapat menjadi kesurupan masal.

6. Panggil ahli kesehatan medis dan ahli kesehatan non medis praktisi spiritual penyembuh yang berpengalaman, untuk mendeteksi apakah penderita pingsan karena kesurupan atau karena sakit ayan, atau sakit jiwa atau sakit lainnya/santet/guna guna.

7. Hindari melakukan tindakan kekerasan kepada penderita yang meronta ronta dan melakukan perbuatan kasar/brutal, atasi sebaik mungkin.

8. Hindari perbuatan untuk menggoda dan membuat penderita sebagai obyek permainan,lawakan, tontonan dan gurauan,

9. Minta tolong pada orang yang ahli dan berpengalaman ( sesuai dengan syareat Islam ) untuk melakukan tindakan penyembuhan lebih lanjut,jauhi ilmu perdukunan.

10. Seorang yang memang sudah ahli dan berpengalaman menyembuhkan penyakit kesurupan, biasanya menggunakan metoda penyembuhan sesuai aliran ilmu pengobatan yang dikuasainya. Ada yang menggunakan enerji Illahiah,kalau penyembuh metoda enerji Illahiah, pasti akan memasukan metoda Rukyah/pembacaan ayat suci Al Quran secara terbuka dan jelas didengar banyak orang, dilengkapi berbagai media yang tak dilarang oleh agama,sehingga terbebas dari unsur syirik.

Pengobatan bagi orang yang kesurupan dapat dengan cara seorang muslim yang hatinya sejalan dengan lisan,perbuatan dan ruqyahnya membacakan bacaan bagi orang yang kesurupan. Dan pengobatan dengan ruqyah yang paling ampuh adalah dengan surat Al-Fatihah,ayat kursi, dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, Qul Huwallahu ahad (surat Al-Ikhlas), Qul A’uudzubirabbil Falaq (surat Al-Falaq), dan Qul A’uudzubirabbin Naas (surat An-Naas), dengan memberi tiupan pada orang yang kesurupan dan mengulangi bacaan tersebut sebanyak tiga kali atau lebih, dan ayat-ayat Al-Qur’an lainnya.Sebab seluruh isi Al-Qur’an adalah penyembuh bagi apa yang ada di dalam hati, petunjuk, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Waktu yang rawan terkena kesurupan sebenarnya adalah pada saat setelah terbenam sinar matahari, karena jin jahat/setan adalah tergolong dalam kejahatan bila malampun telah tiba.Tapi kesurupan bisa juga terjadi pada siang hari dalam kasus kasus tertentu. Upaya pencegahan agar kita terhindar dari penyakit kesurupan, disamping selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, kita juga harus melakukan dengan cara taubat dari segala macam kesalahan dan dosa, senantiasa bertadarus Al Qur’an,berdzikir, do’a dan ta’awwudz yang sudah di syari’atkan dan dengan taat pada semua perintah dan menjauhi larangan Allah SWT, disamping itu kita juga harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini supaya terbebas dari kesurupan :

1. Hindari kencing dan buang air besar sembarangan disebuah hutan atau semak belukar yang sepi, atau dibawah pohon dan batu besar, yang mungkin kediaman jin.

2. Hindari kebiasaan pergi kekuburan untuk hanya meminta berkah dari arwah almarhum, tapi kalau mau justru kirimilah mereka dengan doa.

3. Hindari kebiasaan atau budaya lama membakar kemenyan, memberikan sesajen kepada arwah leluhur, Danyang atau penguasa jin setempat, baik dirumah, dipekarangan ataupun dipekuburan.

4. Hindari bekerjasama dengan Jin Islam apapun, termasuk Khodam yang sering diperjual belikan.

5. Jangan menyimpan dan memberikan sesajen pada benda pusaka seperti keris, golok, tombak, batu cincin dll baik di rumah maupun di kantor.

6. Jangan memakai dan menyimpan cincin berbatu sakti yang diyakini berisi jin sakti seperti Keong Buntet, Rantai Babi.

7. Jangan menyimpan atau memakai isim /jimat bertuliskan Huruf Arab.

8. Jangan suka bermain mengundangn jin/arwah seperti jailangkung Jalangse.

9. Jangan mau dijadikan media untuk menghadirkan arwah leluhur.

10. Jangan mau diajak bekerjasama dengan jin apapun, termasuk jin Islam, haram hukumnya.

11. Hindari sikap sombong,ingin menang sendiri dan serakah

12. Jangan berbuat maksiat dan perbuatan yang melanggar syari’at yang telah ditetapkan Allah .

13. Hindari minuman keras,berpacaran belum waktunya dan bertindak asusila.

Kesurupan akan dapat merusak kondisi mental dan fisik. Fisik akan semakin lemah, bisa melakukan bunuh diri, sarafnya juga akan rusak dan bisa bodoh bahkan jadi gila.Dan ingatlah syirik diibaratkan semut hitam diatas batu hitam dalam waktu malam yang gelap gulita.Mengapa kita hanya ingin kelihatan lebih hebat,menang dan kuat dari orang lain dengan melakukan perbuatan syirik dan dosa,kita harus menyikapi kesurupan dengan benar sesuai syri’at Islam sehingga terhindar dari perbuatan syirik yang dosanya tidak diampuni oleh Allah SWT,Mari kita kembali kejalan syari’at yang telah ditetapkan di dalam kitab suci Al Qur’an dan Hadits sehingga akidah kita akan selamat.

Pelatihan Penilaian Kurikulum 2013

10:50 PM Add Comment
Pelatihan Penilaian Kurikulum 2013

Pelatihan Penilaian Kurikulum 2013

Mengingat banyaknya keluhan dari guru tentang sistim penilaian siswa di kurikulum 2013, untuk itu MTs Negeri Wonosobo memberikan paltihan tersebut kepada guru-guru. Agar ke depannya tidak ada masalah lagi dalam pembuatan nilai siswa.

Selama tiga hari bapak/Ibu guru MTs Negeri Wonosobo mengikuti pelatihan penilaian kurikulum 2013. Pelatihan yang di mulai 13-15 Oktober 2014 berlangsung lancar. Pelatihan yang di bimbing oleh Muchtarudin, S, Ag yang juga guru MTs Negeri Wonosobo.

Selama tiga hati pelatihan tersebut guru-guru di beri materi tentang bagaimana cara memasukkan nama siswa ke dalam kolom, hingga memasukkan nilai-nilai siswa hingga menjadi nilai raport.

Heni Trihastuti, M.Pd menuturkan, akhirnya dia paham dalam mengolah nilai dengan sistem yang diberikan dalam pelatihan tersebut. Walau masih ada beberapa yang belum paham, namun itu bukan menjadi persoalaan dan terus mempelajarinya. Sehingga dapat mengerti betul tentang pembuatan nilai di kurikulum 2013 ini, tuturnya.

Hal yang sama pun di alami oleh guru-guru yang lain, karena mengolah nilai di Kurikulum 2013 ini sangat berbeda jauh dengan sistem pengolajan nilai di kurikulum sebelumnya. Dengan adanya pelatihan penilaian kurikulum 2013 ini di harapkan semua guru mampu memahami cara pengolahan nilainya. | akhmat

Hikking Rally dan Kemah Budaya MTs N Wonosobo

10:36 PM Add Comment
HIKKING RALLY DAN KEMAH BUDAYA

Oleh : Hanifa Istighfaroh IXF



Aku senang karena bisa mengikuti kegiatan Hikking Rally dan Kemah Budaya yang diadakan untuk memperingati hari pramuka yang ke-56. Kegiatan ini diikuti oleh 6 sekolahan yang ada di Kecamatan Selomerto. Ini ceritaku saat mengikuti kemah budaya

Pada hari Jum’at pukul 08.00 kami berangkat menuju ke Lapangan SMP N 1 Selomerto. Sesampainya disana kami langsung mendirikan tenda. Setelah selesai mendirikan tenda kami mengikuti upacara pembukaan Hikking Rally dan Kemah Budaya. Setelah itu kami istirahat sambil menunggu anak laki-laki yang sedang melaksanakan salat jum’at. Setelah anak laki-laki selesai melaksanakan salat jum’at kami makan siang bersama. Kemudian kami mengikuti games dan forum penggalang. Nada,lusi, dan iin mengikuti forum penggalang sedangkan lainnya mengikuti games termasuk aku. Gamesnya sangat menarik, salah satu games yang menurutku paling menarik adalah Perang Bantal tapi sayang pada saat perang bantal aku kalah dengan temanku yang dari SMP N 1 Selomerto.

Setelah gamesnya selesai. Semua peserta kemah budaya istirahat sambil menunggu waktu sholat asar, kemudian makan sore bersama di tenda anak putri. Inilah yang ku tunggu-tunggu saat dimana dimulainya Pentas Seni. Kami menampilkan Tari Saman yang berasal dari aceh. Kami mendapatkan nomor undi 5. Semua peserta dari setiap sekolah telah menampilkan tariannya. Dan inilah saatnya pengumuman, Juara 1 diraih oleh SMP N 1 Selomerto, Juara 2 diraih oleh SMP N 2 Selomerto, dan Juara 3 diraih oleh MTS N Wonosobo.sedangkan juara harapan 1 diperoleh SMP 3 Selomerto, juara harapan 2 diperoleh SMP KRISTEN, dan juara harapan 3 MTs Ma’arif Selomerto. Kami sangat senang bisa mendapatkan Juara 3. Ya......... walaupun juara 3 tapi itu merupakan kebahagiaan tersendiri buat kami.



Pada hari kedua kami bangun pukul 05.00 kami langsung mengambil air wudhu dan Solat berjamaah di masjid SMP N 1 Selomerto, selesai solat kami melakukan senam pagi yang dipimpin oleh Kak Irvan dan Kak kholiq. Setelah itu kami langsung mandi dan persiapan giat. Pada pukul 08.00-09.00 kami mengikuti Upacara Jambore PIK-R. Seusai mengikuti Upacara kami mengikuti kegiatan Hikking Rally, Seminar Panel, dan Donor Darah. Anak putri yang mengikuti Hikking Rally adalah Aku,Nada,Widad,Lusi,Iin,Juliyah,dan wiwik. Sedangkan anak putra Faizul,Andi,Nanda,Bambang,Lutfan,dan Widian. Pada saat itu kami berangkat terakhir, pada saat di Pos 1 kami diberi tantangan untuk menjawab soal yang diberikan oleh kak DKR, soal itu berupa Sandi Siput. Awalnya kami kesulitan mengerjakan soal itu, dan akhirnya kami bekerja sama dengan anak putra. HOREEE.........!!!! akhirnya kami bisa meyelesaikan soal itu dan kami berangkat ke 2 setelah SMP Kristen Bendungan. Kami pun melanjutkan perjalanan, jarak antara Pos 1 dengan Pos 2 sangatlah jauh. Kami melewati jalan bebetuan, jalan yang menanjak, dan bahkan jalan yang berliku.

Dalam perjalanan kami sambil bersendau gurau dengan anak putra. Setelah melewati jalan bebatuan, jalan yang menanjak dan bahkan jalan yang berliku akhirnya kami sampai di Pos 2 tepatnya di Lapangan Limbangan, ternyata di Pos 2 sudah ada SMP Kristen. Di Pos 2 sama dengan di Pos 1 hanya saja soal di Pos 2 berupa Sandi Jam. Kami menyelesaikan soal itu dengan cepat, bahkan kami berangkat lebih awal dari SMP Kristen. Kami melanjutkan perjalanan, dalam perjalanan menuju Pos 3 kami melewati ladang yang sangat sejuk, Aku sangat hafal dengan jalan ini karena aku sering melewatinya. Setelah melewati ladang itu, kami istirahat di sebuah warung. Saat rasa capek telah lumayan hilang, kami melanjutkan perjalanan melewati sawah-sawah yang indah. Pada pukul 12.00 kami sampi di Pos 3, tepatnya di Lapangan Ngabeyan. Untuk melanjutkan perjalanan ke Pos 4 kami di beri tantangan untuk mengambil semua sampah yang ada di lapangan Ngabeyan.

Kami melanjutkan perjalanan menuju Pos 4. Untuk bisa sampai ke Pos 4 kami menempuh perjalan selama 1 jam, dan sampailah di Pos 4. Tantangan di Pos 4 berupa penciuman. Kami berhasil menyelesaikan tugas, dan melanjutkan perjalanan ke SMP N 1 Selomerto. Sesampainya di SMP N 1 Selomerto kami langsung mandi. Sambil menunggu pukul 19.00 kami istirahat, sholat, dan makan. Tepat pukul 19.00 kami mengikuti kegiatan Api Unggun dan Youlth Party kegiatan itu sangat meriah. Seusai Api Unggun ada hiburan penampilan seni dari kelompok Jambire PIK-R. Setelah itu selesai kami pun tidur (BOCAN “Bobok Cantik”).

Pada hari ketiga kami bangun pukul 05.00 langsung mengambil air wudhu dan solat berjamaah, setelah selesai sholat kami senam pagi dan sarapan. Selesai sarapan kami mandi. Setelah itu kami mengikuti upacara penutupan, dan pengumuman juara. Setelah upacara penutupan usai sayonara dan pulang............................................

Aku senang bisa mengikuti kemah budaya karena aku dapat melatih kemandirian dan kebersamaan

sekian

Puisi Perlawanan Rakyat

3:43 AM Add Comment
Perlawanan Rakyat
Karya Vebri Atika Ningsih kelas 8G

Puisi Perlawanan Rakyat

Di kala langit  kelabu, semangat menggebu
Jerit kami, semangat kami
Darah mengucur, badan pun hancur
Tangis tak bersuara
Badan tak bernyawa
Kami menyerang menuntut balas
Kami terus berjuang dan tak akan gentar

Bangsa yang penuh rintihan
Rintihan yang menukutkan
Penuh dengan warna merah
Senyuman yang pahit
Tersayat dalam jiwa bangsa
Satu kata aku ingin melawan…

Jangan Bosan Untuk Belajar

6:42 AM Add Comment
Sayyidatul Kamila
Jangan Bosan Untuk Belajar

Karya Siswa - Mila adalah panggilan akrab dari siswa yang bernama lengkap Sayyidatul Kamila. Saat di temui Majalah Prestasi di kelasnya, dia menjelaskan apa arti sebuah belajar bagi seorang pelajar. Bahwa jangan pernah bosan untuk belajar. Karena belajar dapat membuat kita menjadi manusia yang dihargai dan menghargai. Jangan bosan mengisi otak kita dengan sesuatu yang bermanfaat. Optimalkan kemampuan belajar kita, jangan biarkan otak dan hati kita kosong sehingga, terisi oleh hal-hal yang negatif.

Jangan Bosan Untuk Belajar

Lanjutnya, mengapa jangan biarkan otak dan hati kita kosong dan akhirnya hanya terisi oleh hal-hal negatif. Kita lihat  perkembangan zaman semakin pesat begitu juga dengan teknologi yang semakin maju. Kita sebagai pelajar harus dapat membedakan mana baik dan mana yang buruk buat kita sebagai seorang pelajar. Teknologi apabila kita perunakan dengan sikap yang positif juga akan berdampak positif pula buat kita. Begitu juga sebaliknya, apabila kita gunakan lebih banyak ke hal-hal yang negatif juga akan berdampak kurang baik buat kita. Untuk itu, manfaatkan lah teknologi dengan baik sebagai sarana penunjang kita untuk belajar menjadi siswa yang berprestasi dan membangun bangsa ini.

Siswa yang bercita-cita ingin menjadi seorang dosen ini juga mengatakan untuk mengajak kepada teman-teman untuk selalu dapat menghargai siapa pun yang menjadi guru kita. Jangan lihat siapa tetapi lihatlah apa. Karena tanpa ada seorang guru kita tidak akan dapat menjadi manusia yang seperti sekarang ini.
Sayyidatul Kamila siswi berprestasi dari kelas 9 H merupakan anak dari pasangan Nuruddin (alm) dengan Nur Faizah yang tinggal di desa Kalierang Selomerto. Serta memiliki visi “Menjadi insane yang yang kreatif, percaya diri untuk menjadi pribadi yang berhasil bukan dari insan orang lain tapi dari keyakinan batin”.

MENCARI CITA-CITA

6:31 AM Add Comment
Karya Siswa - Ketika ibu guru sedang menjelaskan pelajaran Bahasa Indonesia, aku memikirkan adikku yang sedang sakit sendirian dirumah. Tiba-tiba teman sebangkuku Wahyu mengagetkanku dan berkata “Anto kenapa kamu melamun, gak biasanya kamu seperti ini, walau kamu gak suka pelajaran Bahasa”. Aku hanya menghela nafas, rasanya aku ingin bercerita pada Wahyu, tapi sepertinya ini bukanlah masalah yang harus diceritakan.

MENCARI CITA-CITA

“Anto apa cita-citamu” Bu widya yang melontarkan pertanyaan dengan suara yang halus, mengingatkan aku pada ibuku. Aku terdiam, suara Bu Widya langsung terngiang-ngiang di otakku, suaranya mirip dengan suara almarhumah ibuku. “Anto,,,kenapa kamu diam saja, ibu kan bertanya apa cita-citamu”.Bu widya menyentakku. Spontan aku kaget, salah tingkah di hadapan Bu Widya, aku baru saja sadar dari lamunanku, aku tak tau harus menjawab apa.

“Aduhh anto kamu ini gimana, malah diam aja, lagi sakit gigi pa”

“Emhhhh,,,,gak kok bu saya lagi gak sakit gigi”

“Lha terus kenapa nggak jawab pertanyaan ibu”

“Lha sekarang saya Tanya sama ibu”

“Iya boleh, mau Tanya apa”

“Tadi bu widya Tanya apa sih sama saya”

“Aduhhhh, Anto Anto, telingamu lagi konslet atau bagaimana si.tadi ibu Tanya apa cita-citamu”

“Telinga saya juga lagi gak konslet bu, Sekarang saya mau Tanya lagi sama ibu”

“Ya boleh, mau Tanya apa lagi To”

“Cita-cita itu apa bu”

Dikelas aku memang tak pandai pelajaran bahasa,nilaiku selalu pas-pasan, namun nilai yang lain rata-rata 9.

“Ooooooo, jadi dari tadi kamu tidak mendengarkan apa yang ibu jelaskan,it’s ok wae To, ibu jelasin lagi pada intinya saja”

Bu Widya bercerita sepanjang jalan kenangaan, kepalaku hampir tergletak di atas meja, aku melihat jarum panjang jam dari angka 1 sekarang sudah sampai angka 1 lagi. Dan…..

“Bagaimana Anto kamu mengerti apa itu cita-cita”

Aku hanya tersenyum dan menggeleng-gelengkan kepala, hati kecilku berkata, aku gak suka diceritain sama bu Widya, itu malah membuatku bingung dengan penuh pertanyaan, yang tak cukup ku ucapkan dalam 1 hari.

Teng teng teng tengggg tenggg,

“oh ya sekarang sudah waktunya pulang, ayo Wahyu pimpin untuk berdo’a”

Bu widya no coment atas sikapku tadi. Namun ketika aku berdo’a Bu Widya menatapku, entah apa yang sedang dipikirkan Bu Widya tengtangku.

Aku dan Wahyu pulang bersama, ketika sampai di gerbang sekolah, aku menghentikan langkah ku,Wahyu juga menghentikan langkahnya.

“Hey Anto kenapa kamu berhenti”

“Wahyu…emhhh aku belum paham betul apa itu cita-cita”

“Gini cita-cita itu kaya sebuah rencana dari kamu kecil, ketika udah dewasa kamu mau jadi apa atau mau melaukan apa” Aku berfikir sejenak

“Tapi itu kan namanya profesi, seperti ibu Widya, dia sudah dewasa dan sudah menjadi guru, seperti yang diinginkan Ibu Widya waktu dulu kecil yu”

Wahyu hanya mengerutkan kepalanya,seolah-olah ingin menjelaskannya lagi dengan kosa kata yang aku fahami.Tapi….

“Anto, aku pulang dulu ya, hari ini cuaca tidak mendukung”

Aku baru sadar, adikku menunggu dirumah.Aku berlari menuju warung,membelikan sebungkus nasi,ini adalah uang terakhir minggu ini, aku harus bekerja lagi, jika aku ingin sekolah dan mencari tau apa itu cita-cita.

Nafasku sesak karna berlari terlalu kencang, ku pelankan lariku,masih kupercepat langkahku, beberapa menit kemudian,aku sampai di rumah peninggalan ibu, yang sekarang hanya kutinggali bersama adikku.

Rumah ini seperti istana, setiap masuk lelahku hilang begitu saja,karena ada hiasan barang bekas yang menempeli dinding kayu rumah, seperti lentera dimalam hari, dan adikku yang selalu menunngguku pulang,dengan senyumannya yang manis.

“Kak aku lapar, dan aku batuk-batuk kak”

“ia Antin kakak sudah membelikanmu sebungkus nasi, makanlah”

Entah kenapa aku melihat adikku yang sedang sakit.ingin rasanya teriak sekeras kerasnya, hati kecilku berbicara dengan lirih, seharusnya ada ibu yang bisa menemani antin,kebutuhan makan sehari-hari bisa ringan. Astagfirullahhal’adzim, aku tidak boleh sperti ini, aku harus berusaha dan bekerja keras, maju mencari cita-cita. Sekarang harus sholat dulu, dan berdo’a kepada Allah supaya Ibu tenang bersama Allah,dan memohon supaya mempermudah urusanku.

Setelah aku mensucikan diri, ada pak ustadz yang menemuiku,

“Assalamu’aliakum Anto, wahh sepertinya kamu tak pernah absent dari masjid ini”

“Wa’aliakumussalam Pak Ustadz, Alhamdulillah pak. Oh ya pak mari kita sholat berjama’ah”

Khusyu’ dalam melantunkan ayat-ayat Allah. Pikiranku hanya tertuju untuk menghadap, bertamu kepada Allah. Ku persembahkan sholawat kepada Nabi Muhammad Saw. Ku alunkan semua curahan hajatku,yang berselimutkan dzikir dan tangisan letihku.

Hatiku sedikit tenang. Tak lama kemudian Pak Ustadz menghadap ke arahku dan bertanya” Anto bagaimana sekolahmu, pasti nilainya bagus-bagus ya to”

“Alllhamdulillah lumayan Pak, tapi ada yang saya bingungkan pak,, saya mau Tanya sama Pak Usdazt boleh?”

“boleh-boleh”

“Cita-cita itu apa si Pak”

Pak ustadz diam sejenak, seperti sedang mengumpulkan kalimat untuk menjelaskan kepadaku, atau mungkin lagi ngingat-ngingat dalil tentang cita-cita

“Yang Pak Ustazd tau cita-cita itu kaya sebuah impian,impian itu ingin diwujudkan dengan kerja keras. Jadi gini misalkan Anto sekarang punya impian ketika anto sudah besar, Anto ingin jadi Dokter, nah mulai sekarang Anto harus belajar yang giat supaya kalau sudah besar nanti Anto bisa jadi Dokter”

Aku sejenak diam dengan mata tertutup, berfikir, alhamdulillah sekarang aku sudah sedikit memiliki pencerahan tentang apa itu cita-cita.

“Pak Ustadz terimakasih atas jawabannya,saya pulang dulu ya Pak Ustadz,adik saya sudah menunggu saya dirumah, sekalilagi Syukron Pak Ustadz”

Langkah kakiku mengiringi pikiranku tentang jawaban Pak Ustadz ,Otakku masih membayangkan kehidupan dimasa depan,mau jadi apakah aku dimasa yang akan datang, apakah aku perlu meminta bantuan pada Doraemon. Langkah kuperpelan untuk melancarkan kinerja otakku.Mataku tertuju pada lingkungan yang sesuai dengan sunnatullah.

Kakiku telah mengantarkanku ke depan pintu rumah, namun otakku belum menemukan cita-cita.

“Sudah dulu lah cita-cita, aku mau mengerjakan tugasku”

Siang telah berganti malam, dengan udara yang hangat, bulan hadir dengan ditemani bintang-bintang. Membantu menerangi kegelapan rumahku yang hanya disinari oleh 1 batang lilin. Otakku mulai lelah memikirkan cita-cita. Hati kecilku mulai bertanya, kira-kira dimanakah aku bisa menemukan cita-cita. Mataku letih, ingin rasanya terlelap. Namun ingin rasanya cita-cita itu ku cari.

Sudahlah ini sudah malam. Mungkin besok aku bertemu cita-cita.

Keesokan harinya, sekolahku kedatangan seorang professor. Beliau didatangkan untuk memberikan motivasi untuk siswa-siswi dikelasku.

Beliau menceritakan semua pengalaman, dan nasibnya sejak kecil sampai ia menjadi Profesor dan Motivator. Sungguh semua itu dilakukan dengan perjuangan dan pengorbanan yang sangat keras,penuh dengan niat disertai dengan keihklasan yang tulus. Semua itu membuat aku terenyuh. Disela-sela pembicaraannya ia memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya, namun tak ada satupun tangan yang diangkat.

Dua jam penuh beliau berbicara,mataku dan kepalaku tak bosan, justru bersemangat. Mungkin inikah jalan cita-citaku hati kecilku mengira. Otakku sekarang penuh dengan angan-angan, yang ingin ku sampaikan kepada Dunia.

Waktu pulang. Otakku masih berangan-angan. Emosiku melonjak ingin segera menunjukkannya pada Dunia.Sebenarnya aku sudah tau cita-citaku,terngiang-ngiang diotakku. Namun kenapa mulut ini tak mampu mengucapkannya.

Ku tenangkan hati dengan basuhan air wudhu. Ku bersihkan jiwaku dengan sholat,ku curahkan semuanya kepada Sang Pencipta.Sehingga otakku bisa berfikir jernih.

Inikah rencanaku, inikah keinginanku, inikah impianku, inikah tujuan hidupku, dan apakah ini Cita-ciaku. Menjadi seorang Motifator, supaya anak-anak seusiaku dimasa yang akan datang tidak ada lagi yang nasibnya sama seperti ku.

BUDAYAKAN HIDUP BERSIH DAN PEDULI LINGKUNGAN

6:13 AM Add Comment
BUDAYAKAN HIDUP BERSIH DAN PEDULI LINGKUNGAN
Oleh : Eni Susanti, S.Pd.


Visi MTs.Negeri Wonosobo “ Berakhlak mulia, cerdas, terampil dan Peduli Lingkungan”. Berbagai upaya yang dilakukan untuk mewujudkan Visi tersebut melalui misi pendidikan yang dilaksanakan. Keberhasilan visi dan misi perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang baik. Sarana yang ada di MTs.Negeri Wonosobo dapat dikatakan cukup baik. Tersedianya ruang belajar yang representative, perpustakaan yang lengkap, laboratorium; IPA, Komputer dan bahasa , masjid yang cukup megah, alat-alat musik tradisional maupun modern bahkan tersedia juga pondok pesantren . Pembayaan pengadaan sarana dan prasarana bersumber dari anggaran pemerintah pusat dan dukungan dana dari masyarakat melalui kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak madrasah dengan komite.

BUDAYAKAN HIDUP BERSIH DAN PEDULI LINGKUNGAN

Pemanfaatan dan pengelolaan perlu adanya kesadaran, kepedulian dan kerjasama semua pihak, baik tenaga pendidik (guru), tenaga kependidikan (TU) maupun peserta didik. Kepedulian dan kerjasama yang baik di lingkungan MTs.Negeri telah mengantarkan perolehan penghargaan bagi MTs.N Wonosobo menjadi Madrasah Adiwiyata. Madrasah Adiwiyata merupakan sekolah yang dalam pelaksanaan pendidikan memperhatikan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sertifikat Sekolah Adiwiyata yang telah diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup Propinsi. Secara bertahap penghargaan diperoleh mulai dari tingkat kabupaten tahun 2012 dilanjutkan tingkat propinsi di tahun berikutnya. Sertifikat sekolah adiwiyata tahun 2014 telah diberikan pada tanggal 17 Agustus 2014 . Kita berharap tahun – tahun yang akan datang masih dapat kita pertahankan dan kita tingkatkan.

Penghargaan tersebut diperoleh dengan tekad dan perjuangan yang tidak mudah. Semua komponen dalam institusi MTs.Negeri Wonosobo baik di bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana dan hubungan masyarakat saling terpadu untuk saling mendukung. Materi kurikulum pada semua mata pelajaran mengaitkan tentang lingkungan. Di bidang kesiswaan dalam kegiatan pembiasaan diarahkan pada sikap atau perilaku yang yang berbudaya baik secara fisik ataupun psikis. Di bidang sarana prasarana diupayakan kelengkapan alat dan semua yang terkait untuk kelancaran proses dalam pelaksanaan pencapaian tujuan. Di bidang hubungan masyarakat (Humas) dilakukan koordinasi dan komunikasi baik intern maupun ekstern dengan pihak-pihak yang terkait, sampai dengan publikasi melalui media masa.

Rasa syukur atas segala nikmat perlu kita lakukan. Predikat sekolah adiwiyata merupakan asset yang penting bagi MTs.Negeri Wonosobo dapat digunakan untuk memperkenalkan pada masyarakat luas tentang keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan. Peserta didik yang merupakan input bagi pendidikan yang selanjutnya diproses melalui pendidikan diharapkan menjadi out yang berkualitas sesuai dengan Visi dan Misi MTs. N Wonosobo. Dalam proses pendidikan di lingkungan MTs.Negeri Wonosobo perlu ditanamkan pembiasaan yang baik. Perangkat kedisiplinan perlu diadakan dan ditegakkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga dan melestarikan tersebut di atas di bidang sarana prasarana bekerjasama dengan bidang kesiswaan mengadakan Lomba Kebersihan kelas dan Lomba Produk Daur Ulang Sampah.

Tujuan lomba kebersihan kelas untuk menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab serta kerja sama peserta didik untuk selalu menjaga kebersihan sesuai kelasnya. Lomba kebersihan kelas dilaksanakan oleh Tim Kebersihan Madrasah yang pelaksanaannya dilakukan pada hari-hari efektif. Akumulasi hasil penilaian dilakukan 2 periode dalam satu bulan. Disamping tiap periode penilaian juga dlakukan untuk akumulasi dalam satu bulan. Untuk mendapatkan juara kelas terbersih bulanan. Untuk kelas terbersih bulanan mendapatkan reward berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan. Punishmen diberikan juga kepada kelas yang memperoleh nilai di bawah standar dalam satu bulan. Standar minimal untuk skor bulanan 1.200. Juara lomba untuk bulan September peride I diraih oleh kelas VII H, kelas VIII G, dan kelas IX H, periode ke -2 diraih oleh kelas VII F, kela VIII H dan kelas IX H, sedangkan juara kebersihan bulan September diraih kelas VII F, kelas VIII.G dan kelas IX H. Untuk bulan tidak yang mendapatkan punishmen.

Sedangkan lomba pameran karya daur ulang sampah dilaksanakan dengan tujuan memotivasi peserta didik untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas terhadap sesuatu yang kurang bermanfaat menjadi sesuatu yang bermanfaat serta mencegah adanya kerusakan lingkungan. barang-barang yang tidak terpakai atau berguna. Dengan kegiatan ini diharapkan akan tumbuh sikap-sikap yang positif bagi peserta didik dalam kelas diantaranya adalah sikap inovasi dan kreativiatas sikap kerjasama dan kemandirian serta percaya diri. Kegiatan lomba ini dilakukan pada akhir semester pada saat hari pemberian Hasil belajar ( Raport). Jenis hasil karya yang dilombakan adalah bebas dari bahan sampah dengan jumlah produk minimal 3 macam. Untuk kejuaraan akan dipilih 3 terbaik. Untuk seluruh peserta. Reward diberikan pada para juara berupa Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan.

Hal yang terpenting dalam kegiatan tersebut di atas adalah untuk membentuk karakter yang bersendikan dari ajaran agama untuk hidup bersih dan menjaga alam sebagai karunia Allah SWT yang Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Fadhilah Shalat Dhuha

6:03 AM Add Comment
INDAHNYA SHALAT DHUHA
Oleh: Achmad Zudin, S.Ag

Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosobo sebagai lembaga pendidikan dasar yang berciri khas Islami maka perlu mempertimbangkan tujuan utama pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar kepribadian, akhlakul karimah, kecerdasan dan pengetahuan serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
Untuk mewujudkan tujuan, visi, misi MTs N Wonosobo dengan melakukan kegiatan belajar mengajar baik dalam kelas maupun dalam berbagai kegiatan yang terkait dengan penambahan wawasan pengetahuan dilapangan terutama dari sisi nilai-nilai keagamaan. Bidang kesiswaan MTs N Wonosobo memiliki banyak kegiatan yang berkaitan dengan pembimbingan,pendampingan dan pembiasaan siswa. Sekilas akan kita bahas manfaat dan indahnya shalat dhuha yang merupakan salah satu segi pembiasaan yang dilaksanakan di MTs N Wonosobo.

http://mtsn-wonosobo.blogspot.com/

Shalat Dhuha, adalah sholat yang dikerjakan di awal siang, di saat matahari sudah terbit seukuran satu tombak. Anak onta kala itu mulai kepanasan oleh teriknya matahari. Kurangnya penjelasan tentang shalat dhuha, sampai sebagian kaum muslimin ragu mengerjakannya, bahkan ia meninggalkannya. Jadi, selama hidupnya, ia tak mengenal yang disebut dengan “Shalat Dhuha”. Yang ia kenal hanya “Shalat Lail” yang lebih dikenal dengan “Shalat Tahajjud”. Shalat Dhuha merupakan shalat yang amat diperhatikan oleh Rasulullah SAW. Tak heran bila beliau di suatu hari mengajari dan mewasiatkan sebagian sahabatnya agar memperhatikan shalat ini dalam kehidupan mereka.

Dari Abu Hurairah ra. Berkata: “Kekasihku (yakni, Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam-) telah mewasiatiku tentang tiga perkara yang tak kutinggalkan sampai aku mati: Puasa tiga hari dalam setiap bulannya, Shalat Dhuha, dan tidur dalam keadaan (usai) berwitir”.[HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya dan Muslim dalam Shohih-nya] Wasiat dalam tiga perkara ini, bukan hanya didapatkan oleh Abu Hurairah ra, dari Nabi Muhamad SAW. Bahkan di sana ada sahabat lain yang juga menerima wasiat mulia ini dari Nabi Muhamad SAW. Shalat Dhuha merupakan ibadah yang sudah masyhur di zaman kenabian. Para sahabat telah banyak mendengarkan perihal Shalat Dhuha dari Nabi Muhamad SAW. Hal ini tergambar dari peristiwa yang dikisahkan oleh sebagian sahabat.

Nabi Muhamad SAW pernah bersabda, “Bagi setiap persendian dari seorang di antara kalian terdapat sedekah. Jadi, setiap tasbihadalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan Laa ilaaha illah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan yang ma’ruf adalah sedekah, dan melarang kemungkaran adalah sedekah. Mencukupi hal itu, dua rakaat yang dilakukan pada waktu Dhuha”. [HR. Muslim dalam Shohih-nya dan Abu Dawud dalam Sunan]
Di dalam hadist lain Nabi juga menerangkan bahwa pada diri manusia terdapat 360 persendian. Dan Setiap persendian itu membutuhkan sedekah berupa amal-amal sholih. Namun siapakah yang mampu mengumpulkan sejumlah amal shalih dalam setiap hari dengan jumlah tersebut. Di sinilah akan tampak bagi anda fadhilah besar bagi Shalat Dhuha. Ternyata ia mampu mencukupi dan menutupi sedekah bagi 360 persendian manusia.

Kebaikan yang ada pada Shalat Dhuha menyamai pahala umroh. Sebuah keutamaan yang amat besar dan berharga. Adakah di antara kita yang mampu melakukan umrah dalam setiap harinya? Namun keutamaan itu ternyata dapat dikejar dengan senantiasa melaksanakan Shalat Dhuha.
Keutamaannya banyak sekali, bahkan Allah memberikan penjagaan dan pemeliharaan dari segala keburukan dengan sebab Shalat Dhuha sebanyak empat rakaat. Diantara perkara yang menunjukkan adanya Shalat Dhuha, Nabi Muhamad SAW sendiri melaksanakan Shalat Dhuha pada hari penaklukan Kota Makkah sebanyak delapan (8) rakaat di rumah saudari Ali bin Abi Tholib, Ummu Hani'ra

Adapun fadhilah dari Shalat Dhuha diantaranya adalah:

  • Pertama, shalat Dhuha merupakan ekspresi terima kasih kita kepada Allah Swt. atas nikmat sehat bugarnya setiap sendi dalam tubuh kita. 
  • Kedua, shalat Dhuha merupakan wahana pengharapan kita akan rahmat dan nikmat Allah Swt. sepanjang hari yang akan dilalui, entah berupa nikmat fisik maupun materi. 
  • Ketiga, shalat Dhuha sebagai pelindung untuk menangkal siksa api neraka di hari pembalasan (kiamat) nanti. 
  • Keempat, bagi orang yang merutinkan shalat Dhuha, niscaya Allah mengganjarnya dengan balasan surga. 
  • Kelima, pahala shalat Dhuha setara dengan pahala ibadah haji dan umrah. 
  • Keenam, tercukupinya kebutuhan hidup. Orang yang gemar melaksanakan shalat dhuha dengan ikhlas karena Allah akan tercukupi rezekinya. 
  • Ketujuh, memperoleh ghanimah (keuntungan) yang besar. 

Inilah keutamaan yang amat besar bagi mereka yang menghiasi pagi harinya dengan Shalat Dhuha dengan meraih serangkaian kebaikan, keutamaan dan pahala di balik Shalat Dhuha ini. Semoga dengan risalah ringkas ini, para pembaca sudah mengerti kedudukan Shalat Dhuha dan selalu mengingat,merindukan dan melaksanakannya dengan ikhlas. 

Gerakan Bersih-bersih Bukit Si Kunir

9:27 PM Add Comment
Gerakan Bersih-bersih Bukit Si Kunir - Minggu, 12 Oktober 2014 gerakan pramukan MTs negeri Wonosobo bersama SMP/MTs S- Kabupaten Wonosobo melakukan kegiatan bersih-bersih di bukit Si kunir desa Sembungan Kecamatan Kejajar.



Menurut M. Rofiq, S.Ag selaku Pembina Pramuka MTs Negeri Wonosobo menuturkan kegiatan ini merupakan pengamalan Dasa Dharma pramuka yang ke 2 yaitu, Cinta alam dan kasih saying sesama manusia. Dengan mencintai alam, alam pun juga akan memberikan hal yang sama kepada kita sebagai manusia. Alam telah banyak memberikan kita berbagai macam kebutuhan. Untuk itu, kita juga harus menjaga alam dengan sebaik-baiknya. Seperti yang dilakukan gerakan pramukan MTs Negeri Wonosobo dan sekolah lainnya. Mereka melakukan gerakan bersih alam di bukit Si Kunir, tuturnya.

Mengingat Bukit Si Kunir merupakan obyek wisata alam yang akhir-akhir ini menjadi salah satu destinasi tujuan wisata alam yang popular di Kabuten Wonosobo. Seiring dengan itu, bukit Si Kunir kini terlihat memprihatinkan, karena sebagian pengunjung yang tak peduli dengan keadaan alamnya. Sampah di mana-mana. Apabila dibiarkan berlarut-larut akan menjadi permasalahan di kemudian hari.

Untuk itu, gerakan pramuka se kabupaten wonosobo salah satunya MTs negeri Wonosobo ikut serta dalam gerakan bersih-bersih di Bukit Si Kunir. Agar alam yang tadinya indah tetap terjaga dan nyaman untuk dijadikan tempat wisata. Serta menambah daya tarik pengunjung untuk menikmati golden sunrise yang katannya, sunrise yang paling indah se Asia tenggara.
Selain itu, juga kegiatan yang dilakukan ini juga sebagai bentuk praktek Adiwiyata, mengingat MTs Negeri Wonosobo meruapakan sekolah/madrasah Adiwiyata.| haridi

12 Tips Menempuh Tes

7:38 PM Add Comment
12 Tips Menempuh Tes - Sebentar lagi Ujian datang kepada seluruh Siswa tingkat Madrasah dan Sekolah lanjutan tingkat pertama, banyak persiapan untuk menghadapi ujian. Siswa juga mulai membuat agenda dalam kegiatan sehari-hari, seperti yang diungkapkan Siswi MTs N Wonosobo. Kita sebut Inayah, siswi yang rajin dan aktif dalam kegiatan Madrasah, dia mengungkapkan Ujian atau Tes adalah Proses penting dalam pembelajaran, untuk itu dia mempunyai Tips yang dia lakukan ketika menempuh Tes, silahkan anda simak Tips menempuh Tes dibawah ini: 

12 Tips Menempuh Tes


Oleh :Inayah Nafilah Utami
Kelas :IXG
  1. Menghafal
  2. Gunakan waktu secara bijaksana untuk memahami apa yang sedang guru katakan
  3. Manfaatkan catatan
  4. Istirahat
  5. Kenalilah Guru
  6. Amati tes, misal : mengerjakan pertanyaan yang mudah untuk membangkitkan semangat, sisihkan waktu untuk memeriksa kembali
  7. Jangan terburu-buru. Bayangkan sedang berusaha menjinakkan bom atom
  8. Bermain permainan, seperti menganggap tes sebuah game, berfikir positif bahwa kita bisa
  9. Mengetahui MO(kisi-kisi)nya
  10. Menulis untuk belajar
  11. Carilah bantuan
  12. Perbaiki tes lama.

Pidato Perpisahan MTs N Wonsobo dengan Bahasa Jawa

5:23 AM Add Comment
Pidato Perpisahan MTs N Wonsobo dengan Bahasa Jawa - Pidato Perpisahan dengan bahasa jawa ini nantinya akan dipraktekan Siswa-siswi MTs N Wonosobo, dengan harapan Siswa-siswi Mts tidak lupa dengan bahasa daerah mereka. Silahkan Adik-adik simak dan simpan Pidato Bahasa Jawa yang nantinya kalian Praktekan dalam Perpisahan Madrasah tercinta ini:

Pidato Perpisahan MTs N Wonsobo dengan Bahasa Jawa

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Bapak kepala madrasah ingkng kawula hormati,bapak/ibu guru ingkang kawula hormati, staf karyawan madrasah ingkang kawula hormati, ugi kanca-kanca lan adik-adik sedaya ingkang kawula tresnani. Mangga kita sedaya raos syukur dumateng Allah SWT ingkang sampun paring pinten-pinten kenikmatan, sahengga kita sedaya waged makempal ing papan menika tanpa alangan satunggal punapa. Salawat lan salam uga kita raosaken dumateng junjungan kaita nabi Muhammad SAW, ingkang kita tengga-tengga syafa'atipun benjang ing yaumul qiyamah. Ingkang nomer setunggal, kula makili kanca-kanca kelas IX badhe ngaturaken atur panuwun ingkang sakathah-kathahipun dumateng bapak/ibu guru ingkang sampun mbimbing kita, sahengga kula sakanca waged lulus knthi biji ingkang sae.

Kula ugi badhe nyuwun ngapunten menawi kula sakanca wonten lepatipun kaliyan bapak/ibu guru lan adik-adik sedaya. Kula sakanca inggih badhe nyuwun tambah donganipun saking bapak/ibu guru lan adik-adik sedaya, mugi-mugi kula sakanca waged nurusaken ing madrasah aliah ingkang kawula lan kanca-kanca idamaken. Kula inggih dongakken mugi-mugi adik-adik sedaya waged minggah kelas kanthi biji ingkang sae. Kula ugi nyuwun supados adik-adik waged njagi asma sae madrasah kita. Mugi-mugi madrasah kita punika dados madrasah ingkang "favorit". Amin... Kula kinten cekap semanten anggenipun kula matur, menawi wonten lepatipun anggenipun kawula matur kula nyuwun sih samudra pangaksami.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Contoh Formulir Pendaftaran Anggota Dewan Penggalang Pramuka MTs N Wonosobo

5:00 AM Add Comment
Contoh Formulir Pendaftaran Anggota Dewan Penggalang Pramuka MTs N Wonosobo - Selamat sore Keluarga besar MTs N Wonosobo, pertama mari kita berdoa untuk Siswa kelas IX yang pada hari tadi tepatnya Hari Senin, 9 Februari 2015 sudah berjalan Ujian Try Out, yang mana siswa kelas IX diharapkan dapat mencapai cita-cita dan Lulus 100% tanpa ada yang tertinggal. Pada kesempatan yang berbahgia ini Kami akan berbagi informasi seputar Kepramukaan, kami harap bagi Siswa-siswi MTs N Wonosobo khususnya kelas 2 yang ingin menjadi Dewan Pramuka harap mengisi Formulir Pendaftaran seperti contoh Gambar dibawah ini:

Contoh Formulir Pendaftaran Anggota Dewan Penggalang Pramuka MTs N Wonosobo

Dengan pengisian Formulir Pendaftaran ini tentunya sangat membantu Pengurus Pramuda dalam pendataan Calon Dewan yang baru, silahkan siswa-siswi MTs N Wonosobo memeprhatikan Formulir ini dengan sebaik-baknya. Terimakasih...

MTs N Wonosobo Membuat Kalender

7:59 PM Add Comment
MTs N Wonosobo Membuat Kalender - Dalam rangka meningkatkan Kualitas Madrasah kami pengelola ingin membuat Kalender sebagai sarana promosi Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosobo agar dapat meningkatkan peserta didik baru, kegiatan ini sangat diapresiasi oleh keluarga besar MTs. Walaupun sebelumnya kami tidak pernah kekurangan peserta didik ketika memasuki Tahun ajaran baru kami selalu berusaha untuk inovatif dalam meningkatkan Mutu Madrasah.

Seperti yang kami kutip perbincangan dengan Photografer ternama yaitu Bp. Ahmat Haridi, S. Pd, beliau disini sangat antusias dengan kegiatan-kegiatan Madrasah khususnya pembuatan Kalender tahun ajaran 2014/2015, kegiatan ini dimaksudkan mempermudah calon peserta didik baru yang ingin mendaptkan informasi seputar MTs N Wonosobo.

Sebagai contoh gambar isi dari kalender Madrasah tahun ini salahsatunya yaitu Photo wali murid bersama walikelas masing-masing.





Gambar diatas kami ambil dari Bp. Ahmat Haridi, S, Pd, beliau mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia.