Hikking Rally dan Kemah Budaya MTs N Wonosobo

10:36 PM
HIKKING RALLY DAN KEMAH BUDAYA

Oleh : Hanifa Istighfaroh IXF

Aku senang karena bisa mengikuti kegiatan Hikking Rally dan Kemah Budaya yang diadakan untuk memperingati hari pramuka yang ke-56. Kegiatan ini diikuti oleh 6 sekolahan yang ada di Kecamatan Selomerto. Ini ceritaku saat mengikuti kemah budaya

Pada hari Jum’at pukul 08.00 kami berangkat menuju ke Lapangan SMP N 1 Selomerto. Sesampainya disana kami langsung mendirikan tenda. Setelah selesai mendirikan tenda kami mengikuti upacara pembukaan Hikking Rally dan Kemah Budaya. Setelah itu kami istirahat sambil menunggu anak laki-laki yang sedang melaksanakan salat jum’at. Setelah anak laki-laki selesai melaksanakan salat jum’at kami makan siang bersama. Kemudian kami mengikuti games dan forum penggalang. Nada,lusi, dan iin mengikuti forum penggalang sedangkan lainnya mengikuti games termasuk aku. Gamesnya sangat menarik, salah satu games yang menurutku paling menarik adalah Perang Bantal tapi sayang pada saat perang bantal aku kalah dengan temanku yang dari SMP N 1 Selomerto.

Setelah gamesnya selesai. Semua peserta kemah budaya istirahat sambil menunggu waktu sholat asar, kemudian makan sore bersama di tenda anak putri. Inilah yang ku tunggu-tunggu saat dimana dimulainya Pentas Seni. Kami menampilkan Tari Saman yang berasal dari aceh. Kami mendapatkan nomor undi 5. Semua peserta dari setiap sekolah telah menampilkan tariannya. Dan inilah saatnya pengumuman, Juara 1 diraih oleh SMP N 1 Selomerto, Juara 2 diraih oleh SMP N 2 Selomerto, dan Juara 3 diraih oleh MTS N Wonosobo.sedangkan juara harapan 1 diperoleh SMP 3 Selomerto, juara harapan 2 diperoleh SMP KRISTEN, dan juara harapan 3 MTs Ma’arif Selomerto. Kami sangat senang bisa mendapatkan Juara 3. Ya......... walaupun juara 3 tapi itu merupakan kebahagiaan tersendiri buat kami.

Pada hari kedua kami bangun pukul 05.00 kami langsung mengambil air wudhu dan Solat berjamaah di masjid SMP N 1 Selomerto, selesai solat kami melakukan senam pagi yang dipimpin oleh Kak Irvan dan Kak kholiq. Setelah itu kami langsung mandi dan persiapan giat. Pada pukul 08.00-09.00 kami mengikuti Upacara Jambore PIK-R. Seusai mengikuti Upacara kami mengikuti kegiatan Hikking Rally, Seminar Panel, dan Donor Darah. Anak putri yang mengikuti Hikking Rally adalah Aku,Nada,Widad,Lusi,Iin,Juliyah,dan wiwik. Sedangkan anak putra Faizul,Andi,Nanda,Bambang,Lutfan,dan Widian. Pada saat itu kami berangkat terakhir, pada saat di Pos 1 kami diberi tantangan untuk menjawab soal yang diberikan oleh kak DKR, soal itu berupa Sandi Siput. Awalnya kami kesulitan mengerjakan soal itu, dan akhirnya kami bekerja sama dengan anak putra. HOREEE.........!!!! akhirnya kami bisa meyelesaikan soal itu dan kami berangkat ke 2 setelah SMP Kristen Bendungan. Kami pun melanjutkan perjalanan, jarak antara Pos 1 dengan Pos 2 sangatlah jauh. Kami melewati jalan bebetuan, jalan yang menanjak, dan bahkan jalan yang berliku.

Dalam perjalanan kami sambil bersendau gurau dengan anak putra. Setelah melewati jalan bebatuan, jalan yang menanjak dan bahkan jalan yang berliku akhirnya kami sampai di Pos 2 tepatnya di Lapangan Limbangan, ternyata di Pos 2 sudah ada SMP Kristen. Di Pos 2 sama dengan di Pos 1 hanya saja soal di Pos 2 berupa Sandi Jam. Kami menyelesaikan soal itu dengan cepat, bahkan kami berangkat lebih awal dari SMP Kristen. Kami melanjutkan perjalanan, dalam perjalanan menuju Pos 3 kami melewati ladang yang sangat sejuk, Aku sangat hafal dengan jalan ini karena aku sering melewatinya. Setelah melewati ladang itu, kami istirahat di sebuah warung. Saat rasa capek telah lumayan hilang, kami melanjutkan perjalanan melewati sawah-sawah yang indah. Pada pukul 12.00 kami sampi di Pos 3, tepatnya di Lapangan Ngabeyan. Untuk melanjutkan perjalanan ke Pos 4 kami di beri tantangan untuk mengambil semua sampah yang ada di lapangan Ngabeyan.

Kami melanjutkan perjalanan menuju Pos 4. Untuk bisa sampai ke Pos 4 kami menempuh perjalan selama 1 jam, dan sampailah di Pos 4. Tantangan di Pos 4 berupa penciuman. Kami berhasil menyelesaikan tugas, dan melanjutkan perjalanan ke SMP N 1 Selomerto. Sesampainya di SMP N 1 Selomerto kami langsung mandi. Sambil menunggu pukul 19.00 kami istirahat, sholat, dan makan. Tepat pukul 19.00 kami mengikuti kegiatan Api Unggun dan Youlth Party kegiatan itu sangat meriah. Seusai Api Unggun ada hiburan penampilan seni dari kelompok Jambire PIK-R. Setelah itu selesai kami pun tidur (BOCAN “Bobok Cantik”).

Pada hari ketiga kami bangun pukul 05.00 langsung mengambil air wudhu dan solat berjamaah, setelah selesai sholat kami senam pagi dan sarapan. Selesai sarapan kami mandi. Setelah itu kami mengikuti upacara penutupan, dan pengumuman juara. Setelah upacara penutupan usai sayonara dan pulang............................................

Aku senang bisa mengikuti kemah budaya karena aku dapat melatih kemandirian dan kebersamaan