BUDAYAKAN HIDUP BERSIH DAN PEDULI LINGKUNGAN

6:13 AM
BUDAYAKAN HIDUP BERSIH DAN PEDULI LINGKUNGAN
Oleh : Eni Susanti, S.Pd.


Visi MTs.Negeri Wonosobo “ Berakhlak mulia, cerdas, terampil dan Peduli Lingkungan”. Berbagai upaya yang dilakukan untuk mewujudkan Visi tersebut melalui misi pendidikan yang dilaksanakan. Keberhasilan visi dan misi perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang baik. Sarana yang ada di MTs.Negeri Wonosobo dapat dikatakan cukup baik. Tersedianya ruang belajar yang representative, perpustakaan yang lengkap, laboratorium; IPA, Komputer dan bahasa , masjid yang cukup megah, alat-alat musik tradisional maupun modern bahkan tersedia juga pondok pesantren . Pembayaan pengadaan sarana dan prasarana bersumber dari anggaran pemerintah pusat dan dukungan dana dari masyarakat melalui kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak madrasah dengan komite.

BUDAYAKAN HIDUP BERSIH DAN PEDULI LINGKUNGAN

Pemanfaatan dan pengelolaan perlu adanya kesadaran, kepedulian dan kerjasama semua pihak, baik tenaga pendidik (guru), tenaga kependidikan (TU) maupun peserta didik. Kepedulian dan kerjasama yang baik di lingkungan MTs.Negeri telah mengantarkan perolehan penghargaan bagi MTs.N Wonosobo menjadi Madrasah Adiwiyata. Madrasah Adiwiyata merupakan sekolah yang dalam pelaksanaan pendidikan memperhatikan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sertifikat Sekolah Adiwiyata yang telah diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup Propinsi. Secara bertahap penghargaan diperoleh mulai dari tingkat kabupaten tahun 2012 dilanjutkan tingkat propinsi di tahun berikutnya. Sertifikat sekolah adiwiyata tahun 2014 telah diberikan pada tanggal 17 Agustus 2014 . Kita berharap tahun – tahun yang akan datang masih dapat kita pertahankan dan kita tingkatkan.

Penghargaan tersebut diperoleh dengan tekad dan perjuangan yang tidak mudah. Semua komponen dalam institusi MTs.Negeri Wonosobo baik di bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana dan hubungan masyarakat saling terpadu untuk saling mendukung. Materi kurikulum pada semua mata pelajaran mengaitkan tentang lingkungan. Di bidang kesiswaan dalam kegiatan pembiasaan diarahkan pada sikap atau perilaku yang yang berbudaya baik secara fisik ataupun psikis. Di bidang sarana prasarana diupayakan kelengkapan alat dan semua yang terkait untuk kelancaran proses dalam pelaksanaan pencapaian tujuan. Di bidang hubungan masyarakat (Humas) dilakukan koordinasi dan komunikasi baik intern maupun ekstern dengan pihak-pihak yang terkait, sampai dengan publikasi melalui media masa.

Rasa syukur atas segala nikmat perlu kita lakukan. Predikat sekolah adiwiyata merupakan asset yang penting bagi MTs.Negeri Wonosobo dapat digunakan untuk memperkenalkan pada masyarakat luas tentang keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan. Peserta didik yang merupakan input bagi pendidikan yang selanjutnya diproses melalui pendidikan diharapkan menjadi out yang berkualitas sesuai dengan Visi dan Misi MTs. N Wonosobo. Dalam proses pendidikan di lingkungan MTs.Negeri Wonosobo perlu ditanamkan pembiasaan yang baik. Perangkat kedisiplinan perlu diadakan dan ditegakkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga dan melestarikan tersebut di atas di bidang sarana prasarana bekerjasama dengan bidang kesiswaan mengadakan Lomba Kebersihan kelas dan Lomba Produk Daur Ulang Sampah.

Tujuan lomba kebersihan kelas untuk menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab serta kerja sama peserta didik untuk selalu menjaga kebersihan sesuai kelasnya. Lomba kebersihan kelas dilaksanakan oleh Tim Kebersihan Madrasah yang pelaksanaannya dilakukan pada hari-hari efektif. Akumulasi hasil penilaian dilakukan 2 periode dalam satu bulan. Disamping tiap periode penilaian juga dlakukan untuk akumulasi dalam satu bulan. Untuk mendapatkan juara kelas terbersih bulanan. Untuk kelas terbersih bulanan mendapatkan reward berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan. Punishmen diberikan juga kepada kelas yang memperoleh nilai di bawah standar dalam satu bulan. Standar minimal untuk skor bulanan 1.200. Juara lomba untuk bulan September peride I diraih oleh kelas VII H, kelas VIII G, dan kelas IX H, periode ke -2 diraih oleh kelas VII F, kela VIII H dan kelas IX H, sedangkan juara kebersihan bulan September diraih kelas VII F, kelas VIII.G dan kelas IX H. Untuk bulan tidak yang mendapatkan punishmen.

Sedangkan lomba pameran karya daur ulang sampah dilaksanakan dengan tujuan memotivasi peserta didik untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas terhadap sesuatu yang kurang bermanfaat menjadi sesuatu yang bermanfaat serta mencegah adanya kerusakan lingkungan. barang-barang yang tidak terpakai atau berguna. Dengan kegiatan ini diharapkan akan tumbuh sikap-sikap yang positif bagi peserta didik dalam kelas diantaranya adalah sikap inovasi dan kreativiatas sikap kerjasama dan kemandirian serta percaya diri. Kegiatan lomba ini dilakukan pada akhir semester pada saat hari pemberian Hasil belajar ( Raport). Jenis hasil karya yang dilombakan adalah bebas dari bahan sampah dengan jumlah produk minimal 3 macam. Untuk kejuaraan akan dipilih 3 terbaik. Untuk seluruh peserta. Reward diberikan pada para juara berupa Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan.

Hal yang terpenting dalam kegiatan tersebut di atas adalah untuk membentuk karakter yang bersendikan dari ajaran agama untuk hidup bersih dan menjaga alam sebagai karunia Allah SWT yang Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »