Pengecekan Golongan Darah

12:38 AM Add Comment


Kamis tanggal 28 Juli MTs Negeri Wonosobo melalui kegiatan PMR yang bekerja sama dengan PMI cabang Wonosobo mengadakan acara pengecekan golongan darah bagi siswa kelas 7. Secara bergantian siswa kelas 7 tertip mengantri untuk menanti gilirannya. acara ini bertujuan untuk mengetahui golongan darah yang dimiliki siswa. Sehingga siswa dapat mengetahui golongan darahnya dan dapat bergunakan jika terjadi suatu hal. program cek golongan darah ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Tim PMR MTs Wonosobo dengan PMI cabang Wonosobo.

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

3:59 AM Add Comment

Kegiatan ekstrakurikuler di MTs N Wonosopbo dilaksanakan pada sore hari diluar kegiatan pembelajaran regular. Kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan yaitu :

 Kepramukaan
Kepramukaan bertujuan untuk melatih siswa agar terampil dan mandiri, menanamkan sikap peduli terhadap orang lain, melatih agar mampu bekerja sama dengan orang lain, menanamkan sikap disiplin, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya adalah:
1.                   Keterampilan personal
2.                   Keterampilan social
3.                   Keterampilan vokasional sederhana

v  Seni Baca Al-Qur’an (Qiroah)
Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) siswa terhadap seni budaya Islami, memupuk bakat dan minat siswa terhadap seni budaya Islami, memupuk bakat dan minat siswa di bidang seni baca Al Qur’an, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya adalah keterampilan seni membaca Al-Qur’an.

v  Seni Rebana
Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi atau penghargaan terhadap seni budaya Islami, memupuk bakat dan minat siswa di bidang seni musik Islami, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya adalah keterampilan memainkan musik rebana.

Bahasa Inggris
Bahasa inggris ditekankan pada kemampuan berkomunikasi secara lisan (speaking). Hal ini dilakukan dengan tujuan membangkitkan bakat dan minat siswa untuk berbahasa Inggris secara aktif agar mampu berprestasi dalam berbagai even lomba bidang Bahasa Inggris.


v  Bahasa Arab
Bahasa Arab ditekankan pada berkomunikasi secara lisan (muhadatsah). Hal ini dilakukan dengan tujuan membangkitkan bakat dan minat siswa untuk berbahasa Arab secara aktif agar siswa mampu berprestasi dalam berbagai even lomba bidang Bahasa Arab.

v  Kelompok Ilmiyah Remaja (KIR)
Kelompok Ilmiyah Remaja (KIR) bertujuan agar siswa mengenal dan menyenagi kegiatan Ilmiah, mendapat wawasan keilmuan diluar pelajaran madrasah, dan mampu berprestasi dalam berbagai even lomba bidang kegiatan ilmiah/sains dan olimpiade.

Sepak Bola
Ekstrakurikuler ini ditujukan agar siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Sepak Bola dan mampu berprestasi dalam Kejuaraan Sepak Bola.

Voly Ball
Ekstrakurikuler ini ditujukan agar siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Sepak Bola dan mampu berprestasi dalam Kejuaraan Volly Ball.

Tennis Meja
Ekstrakurikuler ini ditujukan agar siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Sepak Bola dan mapu berprestasi dalam Kejuaran Tennis Meja.

Palang Merah Remaja (PMR)
Kegiatan Ekstrakurikuler ini ditujukan agar siswa memahami dan dapat mempraktekkan berbagai usaha penyelamatan dan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan dan situasi darurat lainnya serta untuk mempersiapkan siswa dalam even lomba Palang Merah Remaja (PMR.)


Song Religi
Song reliji ditujukan agar siswa mampu mengapresiasi berbagai seni musik band yang bernafaskan agama Islam dan agar mampu tampil dan berbagai even kegiatan madrasah dan even lomba.

Komputer
Ekstrakurikuler komputer ditujukan agar siswa mampu mengomprasiakn berbgai program software computer dan mampu mengatasi permasalahan hardware komputer.

Bela diri (Silat)
Kegiatan ekstrakurikuler ini ditujukan agar siswa mengenal dan menyayangi kegiatan pencak silat, mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun di luar sekolah, dan mampu berprestasi dalam berbagai even lomba pencak silat.

Jurnalistik
Kegiatan ekstrakurikuler ini ditujukan untuk menumbuh kembangkan kemampuan siswa dalam bidang jurnalistik agar siswa mampu menggali informasi dan menyajikannya serta mengelola majalah internal madrasah.
 Teater
Kegiatan Ekstrakurikuler teater ditujukan untuk menumbuh- kembangkan apresiasi siswa terhadap seni teater dan agar siswa mampu dan trampil mengisi acara di Sekolah maupun di luar Sekolah.

Ket: Kegiatan Ekstrakurikuler dibina oleh para Pembina yang memiliki kompetensi khusus dengan surat tugas dari kepala madrasah.

Struktur Kurikulum

3:25 AM Add Comment

Stuktur kurikulum yang dikembangkan di MTs Negeri Wonosobo didasarkan pada Surat Edaran Ditjen Pendidikan Islam Nomor : DJ. II.1/PP.00/ED/681/2006, TENTANG Pelaksdanan Kurikulum 2006, sebagaimana dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Tabel Struktur Kurikulum MTs Negeri Wonosobo :
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran



1.      Pendidikan Agama Islam



a. Qur’an – Hadist
2
2
2
b. Akidah dan Akhlak
2
2
2
c. Fikih
2
2
2
a.       d.SKI
2
2
2
2.      Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3.      Bahasa Indonesia
4
4
4

4.      Bahasa Arab
2
2
2

5.      Bahasa Inggris
4
4
4

6.      Matematika
4
4
4

7.      Ilmu Pengetahuan alam
4
4
4

8.      Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4

9.      Seni Budaya
2
2
2

10.  Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2

11.  Keterampilan /TIK
2
2
2

B. Muatan lokal




1.      Bahasa Jawa
1
1
1

2.      Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)
1
1
1

C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)

Jumlah
40
40
40









Catatan :
-          Alokasi jam Pengembangan Diri (PD) yaitu bekuivalen 2 jam pembelajaran.
-          Pengembangan Diri (PD) yang dilaksanakan di MTs Negeri Wonosobo telah dilaksanakan sebanyak 15 cabang

KURIKULUM SEKOLAH

3:23 AM Add Comment


    a. Struktur Kurikulum
          Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum tiap mata pelajaran dituangkan dalam bentuk Kompetensi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

1.      K erangka Dasar Kurikulum
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendi8dikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas komponen mata pelajaran, komponen muatan lokal dan komponen pengembangan diri :
a.      Komponen Mata Pelajaran
Komponen mata pelajaran terdiri dari lima kelompok, yaitu :
1.      Kelompok mata pelajaran agama dan ahlak mulia, dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Ahlak mulia mencangkup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2.      Kelompok mata pelajaran dan kewarganegaraan dan kepribadian, dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannnya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
3.      Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi ,serta menanamkan kebiasaan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
4.      Kelompok mata pelajaran estetika, dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengapresiasikan dan kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
5.      Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan, dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik sertya menanamkan sportifitas dan kesadaran hidup sehat.
b.      Komponen muatan lokal
         Muatan lokal dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan cirri khas madrasah dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan kedalam mata pelajaran yang ada. Muatan lokal yang dikembangkan di MTs Negeri Wonosobo yaitu mata pelajaran Bahasa Jawa dan Baca Tulis Al-Qur’an.
c.       Komponen Pengembangan Diri
Pengembangan diri dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Berdasarkan hal ini, pengembangan diri y6ang dilaksanakan di MTs Negeri Wonosobo yaitu pramuka, Kelompok Ilmiyah Remaja (KIR),Sepak bola, Volly Ball, Tenis Meja, Paklang Merah Remaja(PMR), Song Religi, Rebana, Qiro’ah, Komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bela diri (silat), Jurnalistik dan Teater.

Sistem Pendanaan dan Pembayaran

3:21 AM Add Comment

Sistem pendanaan di MTs N Wonosobo bersumber dari DIPA (Daftar Isian Pelaksanan Anggaran) dan dana BOS (Bantuan Operasional Siswa) .Dana yang berasal dari DIPA dialokasikan semua anggaran yang berkaitan dengan admistrasi sekolah yang tercantum dalam RAPBM
( Rencana Anggaran Pelaksanaan Belanja Madrasah ). Sedangkan dana BOS dialokasikan untuk operasional yang berkaitan dengan siswa.
5.      Sarana dan Prasarana
JENIS RUANG

JUMLAH
LUAS (M2)
UKURAN
KON
DISI
  1. Ruang Kantor




1. Ruang Kepala Madrasah
1 Buah
75 m2
6 x 12,5 m
Baik
2. Ruang Guru
1 Buah
225 m2
18 x 12,5 m
Baik
3. Ruang TU
1 Buah
216 m2
16 x 12,5 m
Baik
4.Ruang Keterampilan
1 Buah
216 m²
18 x 12m
Baik
5.Ruang Perpustakaan
1 Buah
204 m²
17 x 12m
Baik
B. Ruang Pendidikan




1.Ruang Pendidikan
24 Buah
2.584,4m2

Baik
C. Ruang Laboratorium




1.Ruang Laborat IPA
1 Buah
168 m2
14 X 12 m
Baik
2.Ruang Laborat Bahasa
1 Buah
130 m²
13 x 10 m
Baik
E. Ruang Penunjang




1. Ibadah
1 Buah
264  m2

Baik
2. Ruang Pos Jaga Satpam
1 Buah
12 m2
4 x3 m
Baik
3.Asrama / pondok
1 Buah
94 m²
11,7 x 8m
Baik
4.Kedai / Warung Komperasi
1 Buah
48 m²

Baik
5.Garasi / Tempat Parkir
1 Buah
99 m²
11 x 9m
Rusak

Keadaan Guru dan Murid

3:18 AM Add Comment

       a. Keadaan Guru
              Tenaga yang melaksanakan pelayanan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosobo, terdiri dari :
No
Jenis Jabatan
Jumlah
Pendidikan
1.
Kepala Madrasah
1 orang
S1 Tarbiyah
2.
Kepala Tata Usaha
1 orang
D3
3.
Guru PNS
38 orang
29 orang S1/Akta 4
2 orang D3 Pendidikan
4.
Guru Honorer
11 orang
9 orang S1/Akta IV
2 orang D3 Pendidikan
5.
Tenaga Administrasi
5 orang
5 orang SLTA
6.
Satpam
1 orang
SLTA
7.
Penjaga malam
2 orang
SLTA
8.
Tukang Kebun
1 orang
SLTP

Tabel 1.2 Pelaksana Pelayanan Pendidikan MTs Negeri Wonosobo

a.  Keadaan murid
                   Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosobo pada tahun Pelajaran 2009/2010 sebagai berikut :
No
Kelas
Putra
Putri
Jumlah
1.
VII
152
174
326
2.
VIII
126
132
258
3.
IX
124
113                                                                                                 
237

Jumlah
402
419
821

Tabel 1.3 Jumlah siswa MTs Negeri Wonosobo