Sejarah Singkat Perkembangan MTs N Wonosobo

3:13 AM


Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosobo merupakan bentuk perubahan terakhir dari Madrasah Mualimin Nahdlatul Ulama yang berdiri pada tanggal 13 Januari 1962 di Kauman Selatan Wonosobo (sekarang Gedung MWC NU Kabupaten Wonosobo) Madrasah ini bertahan hidup selama 6 tahun. Pada tahun 1968 melalui proses yang cukup lama antara Departemen Agama dengan Pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif antara lain H.Much Syukur, K. Muntaha, Muhammad Mansur, Imam Sunardi, Abdul Aziz dan Ridhowy disepakati untuk mengusulkan pendirian mualimin NU menjadi Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 4 Tahun Wonosobo. Usul tersebut disetujui oleh Menteri Agama Republik Indonesia melalui Keputusan nomor 158 tahun 1968 tanggal 26 Juli 1968.
                 Dan sejak saat itu madrasah Mualimin NU berubah status menjadi PGAN 4 Tahun Wonosobo. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di Jl. Kauman 13 Wonosobo. Dua tahun kemudian tepatnya pada tanggal 10 September 1970 melalui Keputusan Menteri Agama nomor 204 tahun 1970, PGAN 4 Tahun wonosobo ditingkatkan menjadi PGAN 6 Tahun Wonosobo. PGAN 6 Tahun Wonosobo mampu bertahan selama 8 tahun dan berhasil memenuhi kebutuhan guru hampir 80% di seluruh Kabaupaten Wonosobo pada waktu itu.
                 Pada tahun 1978 berdasarkan kebijakan rekstrukturisasi pendidikan di lingkungan Departemen Agama (Keputusan Menteri Agama nomor 17 tahun 1978) PGAN 6 Tahun dipecah menjadi :
1.                 Madrasah Aliyah Negeri bersama 167 MAN di seluruh Indonesia

2.                 Madrasah Tsanawiyah Negeri bersama 430 MTsN di seluruh Indonesia

Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosobo hijrah dari Kauman ke Jl. Banyumas Km. 04 Wonosobo, sedangkan Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo hijrah ke Jl. Mendala seperti sekarang ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »