KURIKULUM SEKOLAH

3:23 AM


    a. Struktur Kurikulum
          Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum tiap mata pelajaran dituangkan dalam bentuk Kompetensi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

1.      K erangka Dasar Kurikulum
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendi8dikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas komponen mata pelajaran, komponen muatan lokal dan komponen pengembangan diri :
a.      Komponen Mata Pelajaran
Komponen mata pelajaran terdiri dari lima kelompok, yaitu :
1.      Kelompok mata pelajaran agama dan ahlak mulia, dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Ahlak mulia mencangkup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2.      Kelompok mata pelajaran dan kewarganegaraan dan kepribadian, dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannnya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
3.      Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi ,serta menanamkan kebiasaan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
4.      Kelompok mata pelajaran estetika, dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengapresiasikan dan kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
5.      Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan, dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik sertya menanamkan sportifitas dan kesadaran hidup sehat.
b.      Komponen muatan lokal
         Muatan lokal dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan cirri khas madrasah dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan kedalam mata pelajaran yang ada. Muatan lokal yang dikembangkan di MTs Negeri Wonosobo yaitu mata pelajaran Bahasa Jawa dan Baca Tulis Al-Qur’an.
c.       Komponen Pengembangan Diri
Pengembangan diri dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Berdasarkan hal ini, pengembangan diri y6ang dilaksanakan di MTs Negeri Wonosobo yaitu pramuka, Kelompok Ilmiyah Remaja (KIR),Sepak bola, Volly Ball, Tenis Meja, Paklang Merah Remaja(PMR), Song Religi, Rebana, Qiro’ah, Komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bela diri (silat), Jurnalistik dan Teater.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »